Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Ikut Lelang dalam Satu Genggaman
Intan Fitri Ardinasari
Senin, 18 Februari 2019   |   196 kali

Pangkalpinang - KPKNL Pangkalpinang melakukan sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 27/PMK.06/2016 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang dan PMK Nomor 90/PMK.06/2016 tentang Pedoman Lelang dengan Penawaran Secara Tertulis Tanpa Kehadiran Peserta Lelang Melalui Internet pada Rabu tanggal 13 Februari 2019 di Aula KPKNL Pangkapinang yang dihadiri oleh beberapa satuan kerja di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Acara tersebut menghadirkan dua narasumber yaitu Awendri, Pejabat Fungsional Pelelang Ahli Pertama, dan Ariane Suci Ismarani, Pejabat Lelang Kelas I yang kerap disapa Ane. Tujuan dari kegiatan ini menjelaskan dan memperkenalkan lelang non eksekusi wajib Barang Milik Negara (BMN) melalui internet kepada satuan kerja selaku stakeholder.

Awendri menjelaskan mengenai hal-hal yang diatur dalam PMK Nomor 27/PMK.06/2016 dan PMK Nomor 90/PMK.06/2016, khususnya terkait lelang non eksekusi wajib BMN. Ia juga menekankan pentingnya kelengkapan dokumen persyaratan permohonan lelang yang diajukan oleh pemohon.

Ane selaku pemateri kedua memperkenalkan aplikasi Lelang Indonesia yang dapat diunduh melalui aplikasi Google Play Store serta memandu simulasi pembuatan akun peserta lelang melalui situs www.lelang.go.id. Pada kesempatan tersebut, peserta sosialisasi mencoba langsung pembuatan akun lelang yang hanya memerlukan softcopy KTP, data NPWP, dan nomor rekening tabungan serta mengisi data-data lainnya untuk membuat akun yang dapat digunakan mengikuti lelang. Ane menambahkan bahwa ikut lelang itu gampang, karena peserta dapat mengikuti lelang melalui smartphone.

Sebagai penutup acara, peserta diberikan kesempatan untuk melihat langsung pelaksanaan lelang melalui internet atas permohonan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan pada pukul 14.00 WIB. Kotak suara dengan berat 5.075 kg yang memiliki nilai limit Rp 40.600.000,00 berhasil terjual dengan harga Rp 60.555.555,00. 

(Seksi Pelayanan Lelang - Seksi Hukum dan Informasi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini