Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Dirjen Kekayaan Negara Apresiasi Semangat Kerja Para Pegawai di KPKNL Pangkalpinang
Muhammad Isdimas Ardagusema
Selasa, 11 Desember 2018   |   278 kali

Pangkalpinang - Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN), Isa Rachmatarwata, didampingi Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Sesditjen), Dodi Iskandar, Kepala Bagian Umum Kepegawaian DJKN, Dwi Wahyudi, Kepala Bagian Umum Kanwil DJKN SJB, Sujarwo, dan Kepala Bidang KIHI Kanwil DJKN SJB, Muhammad Syukur, melakukan kunjungan kerja ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pangkalpinang. Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN), Isa Rachmatarwata, dalam kunjungan kerjanya memberikan pengarahan dan pembinaan kepada seluruh pegawai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pangkalpinang.

Sebelum menuju ke kantor, Isa Rachmatarwata menyempatkan diri terlebih dahulu untuk mengunjungi rumah dinas KPKNL Pangkalpinang. Isa Rachmatarwata menilai perlunya mendirikan banguna lagi di lahan yang masih kosong untuk ditempati para pegawai pelaksana.

Sesampainya di kantor KPKNL Pangkalpinang, Isa Rachmatarwata dan rombongan melakukan tinjauan mengelilingi gedung kantor, dimulai dari front office, ruang kerja pegawai dari lantai satu sampai tiga, ruang rapat, kamar mandi, dan aula. Isa Rachmatarwata menyampaikan agar ruang aula KPKNL Pangkalpinang bisa  dioptimalkan dan bahkan tidak menutup kemungkinan untuk dimanfaatkan oleh satker maupun instansi Kementerian Keuangan yang lain.

Selesai meninjau berbagai sudut kantor, acara dilanjutkan dengan pengarahan langsung kepada seluruh pejabat dan pegawai di ruang Aula lantai tiga. Diawali dengan memperkenalkan seluruh pegawai KPKNL Pangkalpinang dari yang seluruh staf hingga pejabat, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan terkait capaian kinerja KPKNL Pangkalpinang hingga November 2018 oleh masing-masing seksi.

Isa Rachmatawarta, dalam kesempatannya memberikan masukan kepada Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara terkait Revaluasi BMN dan Sertifikasi Tanah. Penetapan Status Penggunaan juga menjadi salah satu poin penting agar seluruh BMN tanah dan bangunan dapat segera di-PSP- kan dan diharapkan tahun depan dapat diselesaikan. Diharapkan profil tanah dan bangunan dapat diketahui dan data statistik seksi PKN agar dapat dapat dipahami dan diketahui. Pada pesannya, Isa Rachmatarwata mengharapkan KPKNL Pangkalpinang bisa mejadi Asset Manager yang baik, dan dimulai di lingkup Kementerian Keuangan. "Sebagai Asset Manager, kita juga diharapkan agar bisa mencari revenue yang berkelanjutan (sustainable), jadi kita upayakan setiap aset kita pikirkan, apakah setiap aset bisa kita sewakan, bisa kita kerja samakan. Gedung KPKNL Pangkalpinang memiliki size yang besar. Saya akan senang jika KPKNL Pangkalpinang membuka diri, untuk dapat menawarkan ruangan bagi instansi Kementerian Keuangan lain yang membutuhkan", lanjut Isa  Rachmatarwata dalam pengarahannya.

Selanjutnya untuk seksi Penilaian, Isa Rachmatarwata  memberi kesempatan kepada para pegawai untuk menyampaikan suka dan duka ketika menjalankan revaluasi BMN 2017 dan 2018. Untuk pelaksanaannya tim reval sangat terbantu oleh satker yang bersangkutan karena satker tersebut sangat kooperatif dan sangat membantu berjalannya kegiatan reval tersebut. Selanjutnya kedepannya penilaian bukan hanya untuk menilai bangunan dan tanah saja, tetapi bisa menilai manfaat ekonomi, misalnya seperti penilaian tanah kedepannya bagus untuk dibangun kantor baru ataupun digunakan untuk aktivitas komersial. Diharapkan bagi penilai maupun yang akan menjadi penilai harus mulai mendukung nilai sosial contohnya seperti menggugah anggaran dan biaya logistik.

Disisi lain untuk seksi Piutang Negara, Isa Rachmatarwata menegaskan untuk selalu aktif melakukan penagihan piutang negara sekecil apapun. Kita harus berpikir untuk bisa menjadi pengelola piutang. Kita bisa ajari supaya satket dalam mengelola dan menyelesaikan piutangnya. Satker sendiri mungkin belum pernah berusaha menagih tagihan mereka, padahal itu juga merupakan tugas mereka.

Terkait seksi Lelang, Isa Rachmatarwata menyarankan untuk mencari tahu bagaimana menaikkan harga lelang setinggi-tingginya. Untuk penggunaan E-auction sendiri sudah sangat membantu meningkatkan hasil lelang  karena pembelinya bukan hanya dari daerah saja, tapi bisa dari luar daerah. Untuk Lelang Hak Tanggungan sifatnya beda, pembeli bisa langsung cek di tempatnya dan dari pihak bank bisa menjualnya sendiri tanpa melalui KPKNL, padahal jika dijual melalui lelang akan mendapatkan hasil yang lebih baik. Oleh karena itu, Isa Rachmatarwata berpesan kita harus sering berkomunikasi dan bergaul dengan pihak bank agar memanfaatkan jasa lelang melalui ke KPKNL.

Diakhir acara, Dodi Iskandar berpesan KPKNL Pangkalpinang harus tetap semangat setelah menghadapi musibah jatuhnya pesawat yang terjadi bulan Oktober lalu. Isa Rachmatarwata pun memberi apresiasi kepada seluruh pegawai KPKNL Pangkalpinang karena tetap semangat dan saling mem-backup setelah terkena musibah. Dalam kesempatan ini, Isa Rachmatarwata menyampaikan rasa terima kasih atas perjuangan pegawai di KPKNL Pangkalpinang dan berharap agar para pegawai dapat tetap menjaga semangat dalam bekerja dan menghasilkan inovasi-inovasi yang positif untuk nama baik DJKN maupun Kementerian Keuangan. Isa Rachmatarwata juga berpesan kepada seluruh pegawai untuk mulai memanfaatkan media sosial dengan memberikan informasi maupun foto di media sosial guna memperkenalkan budaya di Pangkalpinang.


(Seksi Hukum dan Informasi) 

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini