Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Optimalisasi Pengelolaan Piutang Daerah Pemkab. Belitung, KPKNL Pangkalpinang Optimis Penyelesaian Target Piutang Negara 2018
Melfriani Amelia Simanjuntak
Rabu, 17 Oktober 2018   |   245 kali

Tanjung Pandan - Jumat, 12 Oktober 2018, KPKNL Pangkalpinang menghadiri undangan pemberian penghargaan oleh Pemerintah Kab. Belitung kepada Kantor Wilayah DJKN Sumatera Selatan, Jambi, dan Bangka Belitung (SJB) dan KPKNL Pangkalpinang dan dalam rangka  Pengurusan Piutang Daerah Kab. Belitung kepada Kantor Wilayah DJKN Sumatera Selatan, Jambi, dan Bangka Belitung (SJB) c.q KPKNL Pangkalpinang. Kegiatan ini dihadiri oleh Sahani Saleh selaku Bupati Belitung, Karyadi Sahminan selaku Sekretaris Daerah Kab. Belitung, Jayusman selaku Kepala BPKAD Kab. Belitung, Thaufik selaku Kepala Kanwil DJKN SJB, dan Reni Ariyanti selaku Kepala KPKNL Pangkalpinang.

Kegiatan ini diawali dengan pemberian sambutan oleh Bupati Belitung dan Kepala Kanwil DJKN SJB. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan kerja sama antara BPKAD dengan DJKN c.q Kanwil DJKN SJB mengenai penyelesaian pelunasan piutang di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kab. belitung. Jayusman mengatakan “Itu Piutang Daerah berupa Retribusi  dari tahun 2016 sampai sekarang, nilainya secara global dari 228 wajib bayar itu Rp 367 juta.” Beliau juga menambahkan “Jadi ini kemarin kami mengambil kebijakan melalui keputusan Bapak Bupati Belitung, melimpahkan pengurusan piutang ini kepada KPKNL Pangkalpinang. Intinya dalam rangka pengurusan piutang daerah, sehingga dalam laporan keuangan daerah bersih untuk pencatatan retribusi daerah.” Kepala Kanwil DJKN Sumatera Selatan, Jambi dan Bangka Belitung (SJB) Bapak Thaufik menyampaikan bahwa pengelolaan piutang daerah ini bertujuan agar terciptanya tata kelola piutang sesuai koridor hukumnya, yaitu pelaksanaan pengurusan piutangnya dilakukan oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Pangkalpinang. agar laporan keuangan daerah bersih dari piutang tidak tertagih, diharapkan dari kegiatan tersebut, penyelesaian Piutang Daerah Kab. Belitung akan lebih optimal dilaksanakan setelah dilakukan pelimpahan pengurusan kepada KPKNL Pangkalpinang. Kemudian pada akhir kegiatan, dilakukan foto bersama pemberian piagam penghargaan oleh Bupati Belitung kepada Kepala Kanwil DJKN SJB dan KPKNL Pangkalpinang serta pemberian plakat oleh Kepala Kanwil DJKN SJB kepada Bupati Belitung.

Melly – Seksi Hukum dan Informasi

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini