Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Dialog Kinerja Organisasi Sarana Peningkatan Kinerja KPKNL Pangkalpinang
Dwinanto
Senin, 09 Juli 2018   |   183 kali

Pangkalpinang – KPKNL Pangkalpinang melaksanakan Dialog Kinerja Organisasi Triwulan II Tahun 2018 di Ruang Rapat Lantai 2 KPKNL Pangkalpinang (09/07).  Kegiatan DKO yang bertajuk Evening Call dilaksanakan tanggal 09 Juli 2018 dan dihadiri seluruh Pejabat/Pegawai KPKNL Pangkalpinang. Kepala KPKNL Pangkalpinang, Reni Ariyanti menyampaikan pelaksanaan dialog kinerja merupakan kebutuhan bagi manajemen untuk memonitor dan mengevaluasi pencapaian kinerja suatu unit dari waktu ke waktu.

Lebih lanjut, Reni menyampaikan kinerja organisasi dan individu meningkat jika dialog kinerja antara pimpinan dengan pejabat dan pegawai dibawahnya efektif dan tepat sasaran. DKO ini juga menjadi kesempatan bagi para pimpinan untuk kembali mengingatkan, menyemangati, ataupun memberikan inovasi bagi seluruh pegawai yang berada di bawah pimpinannya. DKO ini menjadi sebuah agenda wajib untuk mencapai tujuan agar jika ada kendala ataupun ada target kinerja yang belum tercapai dapat segera diselesaikan ataupun dicarikan solusinya dengan segera.

Sebagaimana diketahui bahwa DKO sebagai amanat dari Keputusan Menteri Keuangan RI Nomor 590/KMK.01/2016 tentang Pedoman Dialog Kinerja di Lingkungan Kementerian Keuangan merupakan sarana komunikasi formal antara pimpinan pemilik peta strategi dengan pejabat dan pegawai di bawahnya untuk mendiskusikan pencapaian strategi, kinerja, risiko dan rencana aksi organisasi. Hal ini menunjukkan bahwa DKO merupakan refleksi upaya pencapaian strategi, kinerja, risiko dan rencana aksi untuk meningkatnya kinerja organisasi, terciptanya budaya kerja yang nyaman serta mendorong interaksi positif antara atasan dan bawahan untuk mencapai target.

Pada akhir penutup rapat, Reni mengingatkan DKO tidak hanya diperlukan di level organisasi, tetapi juga di level individu, sehingga mendorong terciptanya budaya keterbukaan antara atasan dan bawahan serta penyesuaian terhadap lingkungan yang dinamis dan tuntutan stakeholder yang selalu meningkat. Reni juga berharap kiranya DKO yang terstruktur mampu mereviu data kinerja dan kesehatan organisasi, mengidentifikasi akar penyebab permasalahan, dan menyepakati prioritas rencana aksi periode berikutnya.

(Seksi Hukum dan Informasi)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini