Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
November 2017, Animo Peserta Lelang Inventaris Pemerintah Kabupaten Bangka Barat Membludak
Dwinanto
Jum'at, 24 November 2017   |   167 kali

Muntok - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pangkalpinang bersama Pemerintah Kabupaten Bangka Barat kembali melaksanakan lelang non eksekusi wajib Barang Milik Daerah (BMD) milik Pemerintah Kabupaten Bangka Barat pada Rabu, (22/11) di Muntok. Pelaksanaan lelang yang dilaksanakan di halaman timur Kantor Bupati Bangka Barat ini dipadati calon peserta lelang. Animo peserta lelang barang dan kendaraan inventaris Pemkab Bangka Barat tahun 2017 meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

Pelaksanaan lelang yang dibuka oleh Wakil Bupati Bangka Barat Markus ini dihadiri jajaran Sekretaris Daerah Bangka Barat. Markus menyampaikan pelaksanaan lelang kali ini, terdiri dari kendaraan roda dua, roda tiga, roda empat, peralatan rumah tangga, barang-barang bongkaran bangunan yang dikemas dalam 57 paket lelang.

Pelaksanaan lelang ini ditempuh dengan pertimbangan, untuk optimalisasi BMD yang berlebih atau tidak digunakan dan dimanfaatkan lagi. Selain itu, barang-barang tersebut lebih menguntungkan bagi daerah apabila dilelang. ”Pertimbangan lain, dalam rangka mendukung tertib fisik, tertib administrasi dan tertib hukum pengelolaan BMD sebagai pelaksanaan ketentuan sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ujar Markus. Lebih lanjut, Markus menambahkan, lelang dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku, dimana penjualan BMD, berupa kendaraan bermotor dinas operasional dapat dilaksanakan, apabila telah memenuhi persyaratan, telah berusia paling singkat tujuh tahun.

Pelaksanaan lelang yang dilakukan Pemkab Bangka Barat tahun 2017, menurut Markus adalah lelang yang keempat kalinya. ”Tahun ini merupakan pelaksanaan lelang yang keempat, karena kita telah melaksanakan pelelangan terbuka sebanyak tiga kali, yakni tahun 2014, 2015 serta tahun 2016 yang terdiri dari kendaraan roda empat dan roda dua,” urainya. Ia berharap, pelaksanaan lelang umum tersebut dapat memperoleh hasil yang lebih optimal dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pelaksanaan lelang yang dimulai dengan pembacaan kepala risalah lelang, dipimpin oleh Pejabat Lelang KPKNL Pangkalpinang berhasil menjual seluruh lot yang dilelang, tidak terkecuali paket bongkaran gedung. Animo minat masyarakat dalam pelaksanaan lelang kali ini cukup fantastis dengan jumlah penawar sebanyak 643 penawar terhadap 57 lot. Hal ini sekaligus menunjukkan sarana lelang telah menjadi salah satu bagian penjualan barang yang paling diminati (sales means auction).(Humas KPKNL Pangkalpinang)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini