Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pangkalan Bun > Kilas Peristiwa
In House Training KPKNL Pangkalan Bun: Be Strong, Be Bold, Be Creative!!!
Dian Maretasari
Jum'at, 13 April 2018   |   177 kali

Pangkalan Bun - Pada Kamis (12/4/2018), KPKNL Pangkalan Bun melaksanakan In House Training (IHT) untuk meningkatan soft competency pegawai pada KPKNL Pangkalan Bun. Kegiatan di Halaman KPKNL Pangkalan Bun dan Aula KPKNL Pangkalan Bun ini diselenggarakan Bagian Kepegawaian DJKN bekerja sama dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (PPSDM BPPK).

Kepala KPKNL Pangkalan Bun, Fendy Purwanto, dalam sambutannya berharap bahwa kegiatan IHT ini dapat meningkatkan semangat dan kekompakan serta menambah motivasi para pegawai di KPKNL pangkalan Bun. Menjadi tema dalam kegiatan In House Training 2018 kali ini adalah "Revaluasi BMN Tuntas, Tepat Waktu, dan Berkualitas”.

Seperti diketahui bahwa mulai pertengahan tahun 2017 sampai dengan tahun 2018, DJKN melaksanakan program nasional yaitu Revaluasi BMN. KPKNL Pangkalan Bun juga ikut berkontribusi aktif dalam pelaksanaan program tersebut. Kegiatan Revaluasi BMN tentunya menguras banyak waktu,energi dan pikiran dari sebagian besar sumber daya manusia yang dimiliki KPKNL Pangkalan Bun. Dalam proses pelaksanaannya, baik saat survei di lapangan maupun saat pengerjaan laporan di kantor dibutuhkan kerjasama, kekompakan dan komunikasi yang baik dari masing-masing personel dalam tim. Tanpa hal tersebut sulit rasanya untuk mencapai target Revaluasi BMN. Untuk itu, dalam kegiatan IHT kali ini, para pegawai dan PPNPN di KPKNL Pangkalan Bun mencoba untuk kembali menumbuhkan semangat kerjasama dan kekompakan tim yang dikemas dalam acara yang Fun.

Kegiatan IHT 2018 ini dipimpin Khalimi, widyaiswara dari PPSDM BPPK dan didampingi Muhammad Rosid dari PPSDM BPPK serta Tri Atmojo dari Bagian Kepegawaian Kantor Pusat DJKN. Rangkaian kegiatan IHT ini dibagi dalam dua sesi, yaitu sesi pertama dari pagi sampai dengan siang hari berupa kegiatan outdoor di Halaman KPKNL Pangkalan Bun dan Sesi kedua berupa kegiatan indoor di Aula KPKNL Pangkalan Bun dari siang sampai dengan sore hari.

Pada sesi pertama diisi dengan Ice Breaking dan games menarik. Ice breaking bertujuan untuk menumbuhkan daya ingat, ketajaman fokus dan kecepatan gerak pada masing-masing pegawai. Selanjutnya, semua peserta dibagi dalam empat kelompok dan masing-masing kelompok berkompetisi dalam empat permainan yang sangat seru dan cukup menguras energi. Permainan pertama adalah balap kelereng dengan tujuan melatih kepercayaan antara masing-masing anggota kelompok serta tanggung jawab untuk menyelesaikan tujuan akhirnya. Permainan kedua adalah memecahkan misteri dengan mengandalkan kreativitas dan kemampuan mengasah otak. Semua kelompok diberikan case yang sama dan harus bekerja sama mencari solusi yang terbaik. Permainan kedua ini selain mengasah otak, juga membantu menumbuhkan kepercayaan diri dan keberanian untuk mengungkapkan ide dan pemikiran, serta kemampuan untuk mendengarkan usulan dari orang lain.

Selanjutnya, masuk ke permainan ketiga, yaitu memindahkan jeruk, tujuan dari permainan ini adalah melatih sportivitas, kecepatan gerak dan keakuratan dari masing-masing peserta dalam kelompok supaya dapat memberikan hasil yang terbaik untuk kelompoknya. Permainan yang terakhir adalah memindahkan air dengan cara yang tidak biasa. Permainan ini dibutuhkan komunikasi yang baik, strategi jitu serta pemilihan anggota kelompok yang tepat disesuaikan dengan karakter dan kompetensi masing-masing anggota.

Pada sesi yang kedua dalam IHT 2018 dilaksanakan di Aula KPKNL Pangkalan Bun. Sesi kedua juga diawali dengan ice breaking. Kemudian Khalimi mengajak peserta untuk saling berbagi pengalaman masing-masing setelah melaksanakan berbagai macam permainan seru di sesi pertama. Dalam sesi ini, disampaikan pula mengenai rumus Tim yang handal, yaitu Karakter, Kompetensi, Komitmen, Konsistensi dan Kekompakan. Dengan berbekal kelima hal tersebut, maka suatu tim dapat menjadi tim yang handal, sukses dan dapat menghasilkan output yang berkualitas.

Di akhir acara, Tri Atmojo dari Bagian Kepegawaian Kantor Pusat DJKN membagikan beberapa hal mendasar terkait kepegawaian dan kompetensi sumber daya manusia yang dimiliki oleh KPKNL Pangkalan Bun. Dengan kompetensi tersebut, diharapkan KPKNL Pangkalan Bun dapat terus untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan. Apabila dikaitkan dengan Revaluasi BMN, maka KPKNL Pangkalan Bun dengan berbagai macam sumber daya yang dimiliki dapat menyelesaikan target Revaluasi BMN secara tuntas, tepat waktu dan berkualitas. (Penulis/Foto: Tim HI KPKNL Pangkalan Bun)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini