Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pangkalan Bun Kembali Laksanakan Kegiatan Habagi Kabar
Dina Arinda Putri
Senin, 28 November 2022   |   68 kali

Pangkalan Bun – Kepala KPKNL Pangkalan Bun beserta jajaran kembali melaksanakan kegiatan rutin “Habagi Kabar” secara hybrid, luring bertempat di Aula KPKNL Pangkalan Bun dan daring melalui Aplikasi Office 365 pada Senin (28/11).

Habagi Kabar adalah agenda rutin KPKNL Pangkalan Bun yang merupakan wadah bagi seluruh pegawai baik ASN maupun PPNPN, untuk menyampaikan informasi yang tidak terbatas pada pelaksanaan tugas dan fungsi KPKNL Pangkalan Bun/DJKN, melainkan dapat berupa informasi apa saja yang bersifat positif dan membangun.

Kegiatan dimulai dengan doa yang dipimpin oleh Isti Astuti. “Mudahkanlah urusan orang lain, maka niscaya urusan kita akan dipermudah pula oleh Allah SWT,”terang Isti memberikan kalimat positif pada hari ini.

Dilanjutkan dengan pembacaan Internalisasi Nilai-nilai Kementerian Keuangan dibawakan oleh Silsilia Sindy Dwijayanti, Budaya Kemenkeu oleh Harsono, dan Motto KPKNL Pangkalan Bun Ayo Bagawi oleh Djupriyanto Harahap.

 

Pemateri yang menyampaikan informasi pada kegiatan Habagi Kabar periode 28 November 2022 adalah Elisabeth Sangayu Puthu Krisnawati dan Dhori Pridana Kusuma.

 

Elisabeth memberikan informasi/materi terkait KMK 258/KMK.09/2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengendalian Gratifikasi di Lingkungan Kementerian Keuangan dibentuk adalah karena adanya ketentuan yang perlu diatur lebih lanjut yang belum dituangkan dalam PMK 227/2021 tentang Pengendalian Gratifikasi di Lingkungan Kementerian Keuangan, adapun tujuannya adalah sebagai pedoman dalam pelaksanaan Program Pengendalian Gratifikasi (PPG) dalam rangka penguatan integritas dan peningkatan budaya anti korupsi di lingkungan Kementerian Keuangan.

·         Proses Pengendalian Gratifikasi

              1.    Pembentukan Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG)

              2.    Penanganan Pelaporan Gratifikasi

3.    Kewajiban Pelapor, Keadaan Tertentu, dan Mekanisme Penyerahan BMN

Materi selanjutnya oleh Dhori, dikutip dari salah satu buku karangan Stephen R. Covey yang berjudul “The 7 Habits of Highly Effective People” . Penulis buku ini beranggapan bahwa ada 7 kebiasaan penting yang harus diterapkan jika ingin hidupnya berubah menjadi lebih baik, yaitu:

1.    Jadilah Proaktif

2.    Mulai dari Akhir

3.    Dahulukan yang Utama

4.    Berpikir Menang-Menang

5.    Mengerti Orang Lain Sebelum Dimengerti

6.    Sinergi

7.    Mengasah Gergaji 

Widiyantoro Kepala KPKNL Pangkalan Bun memberikan arahan bahwa seluruh pegawai agar selalu menerapkan cara berfikir positif thinking terhadap apapun yang dihadapi, dengan selalu positif thinking kita berusaha membenahi diri dan mencari jalan keluar dengan cara berkaca pada diri sendiri terlebih dahulu sebelum menyalahkan orang lain.

Dalam memberikan masukan/mengemukakan masalah jangan pernah menyinggung 2 hal yang sensitif yaitu uang dan SDM, untuk itu kita perlu melakukan inovasi dan dapat berfikir kreatif untuk dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi.”lanjut Widiyantoro.

KPKNL Pangkalan Bun adalah satu keluarga, sehingga jika terdapat masalah seperti kekurangan anggota dalam melaksanakan tugas dan fungsi, dapat dibicarakan bersama dan seksi lain dapat saling membantu.”tegas Widiyantoro mengakhiri arahannya.

Kegiatan ditutup dengan yel-yel Ayo BAGAWI, Ayo Ayo Ayo !!!

 

Seksi Hukum dan Informasi

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini