Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sinergi dengan KPPN Pangkalan Bun: Membangun Islands of Integrity di Kabupaten Kotawaringin Barat
Eka Febri Nugraheni Soesilo
Jum'at, 20 Mei 2022   |   183 kali

Pangkalan Bun – Kepala KPKNL Pangkalan Bun, Widiyantoro, melaksanakan kunjungan kerja ke instansi vertikal Kementerian Keuangan, yaitu KPPN Tipe A2 Pangkalan Bun pada Jumat (20/05). Didampingi oleh Kasubbag Umum, Dian Annisa, dan Penilai Pemerintah Ahli Muda, Sigit Prasetyo, Widiyantoro bertemu dengan Kepala KPPN Tipe A2 Pangkalan Bun, Indra Karunia Dewanti beserta jajaran.

Agenda kunjungan kerja ini merupakan silaturahmi dengan instansi pemerintah dan sebagai pengenalan terhadap Kepala KPKNL Pangkalan Bun yang baru dilantik pada bulan April lalu. Selain itu, kunjungan ini juga sebagai bentuk sinergi dalam mencapai Kemenkeu Satu, khususnya di Kabupaten Kotawaringin Barat.

KPKNL Pangkalan Bun yang saat ini sedang mengikuti penilaian Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI WBBM), tentunya membutuhkan dukungan dari seluruh pihak, baik dari satuan kerja Kementerian/Lembaga maupun Pemerintah Daerah. Widiyantoro berharap kesempatan silahturahmi ini juga dijadikan momentum agar KPKNL Pangkalan Bun dapat bersinergi lebih intensif lagi dengan KPPN Tipe A2 Pangkalan Bun dalam usaha  meraih predikat ZI WBBM tahun 2022.

Widiyantoro juga mengatakan bahwa untuk membangun islands of integrity yang merupakan salah satu komponen penilaian ZI-WBK/WBBM, diperlukan sinergi dan kerja sama, bukan hanya antar unit Kementerian Keuangan, tetapi keterlibatan seluruh satuan kerja dan stakeholders. Intimacy dengan stakeholders diperlukan dalam rangka pengenalan kepada customer (knowing your customers). Dengan adanya intimacy ini, diharapkan “kita” sebagai unit pembangunan ZI WBBM dapat memberikan contoh dan edukasi kepada para stakeholder untuk tetap memegang teguh integritas.

Indra menambahkan bahwa poin penilaian ZI WBBM yang paling penting adalah mengenai kedeltaan terhadap apa yang telah dilaksanakan saat berpredikat WBK. Kedeltaan dianggap penting karena dinilai merupakan perubahan ke arah yang lebih baik dalam hal memberikan pelayanan prima terhadap stakeholders. Pada tahun 2022 ini, KPPN Tipe A2 Pangkalan Bun telah memulai persiapan baik dokumen maupun perbaikan layanan untuk penilaian ZI WBBM tahun 2023.

Dengan adanya sinergi antar instansi pemerintah, khususnya Kementerian Keuangan, diharapkan dapat menciptakan islands of integrity yang selalu menjaga integritas dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada stakeholder dan masyarakat.     


Seksi Hukum dan Informasi

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini