Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Peduli Sesama, KPKNL Pangkalan Bun Adakan Donor Darah
Eka Febri Nugraheni Soesilo
Rabu, 27 Januari 2021   |   264 kali

Pangkalan Bun – Rabu (27/01), KPKNL Pangkalan Bun mengadakan kegiatan donor darah didampingi oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kotawaringin Barat. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Lantai 2 KPKNL Pangkalan Bun. Donor darah kali ini diikuti oleh pegawai serta PPNPN di lingkungan KPKNL Pangkalan Bun.

“Kegiatan donor darah ini dilakukan karena pada masa pandemi Covid-19 ini pasti lebih banyak masyarakat yang membutuhkan transfusi darah secara berkala. KPKNL Pangkalan Bun berinisiatif untuk membantu sesama warga yang membutuhkan darah dengan kegiatan donor darah ini,” ujar Navis Zikra Kepala KPKNL Pangkalan Bun.

Hal tersebut dibenarkan oleh pihak PMI Kotawaringin Barat. Salah satu petugas, Hartati Ambarwati menjelaskan bahwa selama pandemi Covid-19 stok darah yang ada di PMI berkurang drastis. Semakin banyak orang yang membutuhkan transfusi darah. Golongan darah yang paling banyak dibutuhkan saat ini yaitu golongan darah A dan B. Kebutuhan darah segar juga menjadi worries bagi petugas PMI terutama untuk golongan darah B.

Pegawai yang ingin mendonorkan darahnya terlebih dahulu mengisi form yang disediakan oleh PMI. Selanjutnya cek kesehatan oleh petugas, seperti tekanan darah, kadar hemoglobin (Hb), dan suhu tubuh. Adapun kriteria dan persyaratan secara medis untuk bisa donor darah, yaitu tekanan darah normal, kadar hemoglobin bagus (angka 12,5-17), dan tentunya sudah sarapan sebelum melakukan donor.

Selain membantu sesama manusia yang membutuhkan darah, donor darah rutin juga bermanfaat bagi tubuh kita sendiri seperti menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, menurunkan risiko kanker, menurunkan berat badan, mendeteksi penyakit serius, dan membantu lebih sehat secara psikologis. Kegiatan donor darah ini diharapkan dapat dilaksanakan secara rutin di KPKNL Pangkalan Bun.

 

  

(Seksi Hukum dan Informasi, KPKNL Pangkalan Bun)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini