Pangkalan Bun - Jumat (24/01/2020),
KPKNL Pangkalan Bun menyelenggarakan kegiatan In House Training dengan
tema “Service Excellent” yang bertempat di
aula kantor KPKNL Pangkalan Bun. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk menciptakan
pelayanan prima
kepada stakeholder.
KPKNL Pangkalan Bun pada tahun 2020 ditunjuk
untuk mengikuti pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi
(WBK) serta lomba kantor pelayanan terbaik. Untuk itu, In House
Training ini dilaksanakan sebagai upaya peningkatan pelayanan KPKNL Pangkalan
Bun agar
menjadi
lebih baik.
Dalam kegiatan ini KPKNL Pangkalan Bun
mengundang perwakilan dari Bank Syariah Mandiri Pangkalan Bun sebagai
narasumber. Seluruh pegawai KPKNL Pangkalan Bun mulai dari pegawai PNS maupun
non PNS serta petugas
keamanan juga
turut menjadi peserta dalam kegiatan ini. Narasumber dalam In House
Training kali ini memberikan pemaparan kepada seluruh peserta
mengenai Customer
Experience to be Creative, yaitu pemberian pelayanan yang terbaik dengan mendahulukan
kepentingan stakeholder.
Pelayanan yang baik dimulai dari memberikan
senyum, sapa, dan salam kepada stakeholder. Sebagai pemberi layanan harus
mengetahui apa yang dibutuhkan oleh stakeholder dan diupayakan untuk memberikan pelayanan
yang melebihi ekspektasi stakeholder. Dalam kegiatan ini juga disebutkan beberapa
hal yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan pada saat memberikan
pelayanan. Dalam kegiatan ini narasumber memberikan beberapa contoh pelayanan
yang dilakukan di Bank Syariah Mandiri. Narasumber juga turut mempraktikan cara
memberikan pelayanan mulai dari awal sampai selesai. Petugas keamanan KPKNL Pangkalan Bun
juga secara
aktif dan menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mengikuti pelatihan ini dengan mempraktikan
cara menyambut tamu atau stakeholder dengan baik, karena peran petugas keamanan di KPKNL
Pangkalan Bun merupakan awal dari dimulainya sebuah pelayanan.
Di dalam pelayanan yang excellent ada beberapa faktor yang dapat
mempengaruhi kepuasan stakeholder, yaitu fasilitas dan tampilan yang harus
dipersiapkan dengan baik oleh KPKNL Pangkalan Bun. Petugas pelayanan juga harus
bersikap ramah dan dapat memberikan informasi kepada stakeholder. Dan yang
paling penting adalah stakeholder harus mendapatkan pelayanan yang mudah,
cepat, dan tepat.
Dengan adanya kegiatan ini seluruh pegawai KPKNL Pangkalan Bun
baik PNS maupun non PNS diharapkan dapat mempraktikan service excellent tersebut
untuk meningkatkan pelayanan dengan mengedepankan kepentingan stakeholder.
“Dukung KPKNL
Pangkalan Bun Dalam Membangun Zona Integritas Menuju Kantor Berpredikat Wilayah
Bebas dari Korupsi”
“AYO BAGAWI”
(Tim HI KPKNL Pangkalan Bun)