Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Pemusnahan Ribuan Batang Rokok Ilegal, Sinergi KPKNL Pangkalan Bun dengan KPPBC Tipe Madya Pabean C Pangkalan Bun
Dian Maretasari
Jum'at, 13 April 2018   |   220 kali

Pangkalan Bun - Pemusnahan Barang Milik Negara (BMN) yang berasal dari Barang Hasil Penindakan berupa rokok Ilegal dilakukan pada Selasa (10/4/2018) di halaman KPPBC Tipe Madya Pabean C Pangkalan Bun. Kegiatan ini diikuti Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Pangkalan Bun, Wahyu Warsono, dan para pejabat terkait di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Sesuai dengan Peraturan menteri Keuangan (PMK) nomor 136/PMK.04/2010 Tentang Tata Cara Penyelesaian Barang Kena Cukai Dan Barang-barang Lain yang Dirampas Untuk Negara atau yang Dikuasai Negara, disebutkan bahwa penyelesesaian lebih lanjut dari Barang kena Cukai (BKC) yang menjadi milik negara harus dimusnahkan oleh pejabat bea dan cukai. Kegiatan pemusnahan kali ini dilaksanakan dengan cara pembakaran.

BMN yang dimusnahkan berasal dari hasil penindakan Bea Cukai Pangkalan Bun di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Lamandau, dan Kabupaten Sukamara dalam kurun waktu tahun 2015 hingga 2017. Terdapat tiga jenis modus pelanggaran yang ditemukan, yaitu BKC tanpa pita cukai (polos), dilekati pita cukai palsu, dan dilekati pita cukai bekas. Atas penindakan tersebut telah ditetapkan sebagai Barang yang Dikuasai Negara (BDN) yang selanjutnya ditetapkan menjadi Barang Milik Negara (BMN). Kepala KPPBC TMP C Pangkalan Bun, Nurtanti Widyasari, menyatakan bahwa total BKC yang dimusnahkan sejumlah 309.016 batang rokok illegal dengan potensi kerugian negara mencapai  Rp99,3 juta. Diharapkan dengan kegiatan pemusnahan ini, turut menekan tingkat peredaran BKC illegal, sehingga dapat memberikan situasi yang kondusif kepada peredaran BKC yang legal dan berdampak pada kenaikan penerimaan cukai. (Seksi HI-KPKNL Pangkalan Bun)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini