Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Bimbingan Teknis Aplikasi SIMAN untuk Mendukung Revaluasi BMN
Noverva Pradina Pramesti
Jum'at, 15 September 2017   |   359 kali

Pangkalan Bun - Pada hari Rabu, 13 September 2017, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pangkalan Bun menyelenggarakan bimbingan teknis untuk mendukung kelancaran pelaksanaan revaluasi BMN. Bimbingan teknis diikuti perwakilan satuan kerja dari luar kota Pangkalan Bun yang BMN nya akan direvaluasi

Kepala KPKNL Pangkalan Bun Fendy Purwanto dalam pembukaannya menjelaskan Revaluasi BMN ini dilakukan atas arahan Menteri Keuangan dan permintaan dari DPR RI. “DPR meminta agar pemerintah melakukan revaluasi aset tetap BMN yang akan digunakan kembali (roll over) sebagai dasar penerbitan underlying aset Surat Berharga Syariah Negara (SBSN)." Ujarnya.

Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Pangkalan Bun Wahyu Warsono menjelaskan metode penilaian yang akan digunakan dalam revaluasi BMN tahun ini adalah Full Valuation dan Desktop Valuation. Full Valuation adalah penilaian yang dilakukan dengan melakukan survei lapangan atas objek penilaian, sedangkan Desktop Valuation adalah penilaian yang dilakukan tanpa melakukan survei atas objek penilaian dimana penilaian dilakukan berdasarkan data yang didapat oleh Penilai baik dari Sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN), Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi (SIMAK) maupun penyedia data dari satuan kerja di wilayah kerja KPKNL Pangkalan Bun. "Oleh karena itu, pada kesempatan ini, kami mengharapkan kerjasamanya dari Bapak/Ibu yang hadir disini untuk dapat memperbaiki data aset yang ada pada SIMAK dan SIMAN", kata Wahyu.

Selain diskusi dan tanya jawab permasalahan pada beberapa satker dan bimbingan teknis diisi dengan pelatihan penggunaan plugin Revaluasi Aset untuk pengguna pada aplikasi SIMAN serta tata cara pengisian formulir pendataan aset, yang disampaikan oleh Wahyu Firmansyah selaku pelaksana Seksi Pelayanan Penilaian dan Tri Atmojo selaku pelaksana Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara. (Tim Seksi HI KPKNL Pangkalan Bun)

Sebagai informasi Seminggu sebelumnya, KPKNL Pangkalan Bun telah menyelenggarakan acara yang sama, yang dihadiri oleh satuan kerja berbeda.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini