Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Lelang Aman dan Nyaman dengan e-Auction dan e-Conventional Auction
Noverva Pradina Pramesti
Kamis, 24 Agustus 2017   |   627 kali

PANGKALAN BUN - KPKNL Pangkalan Bun kembali mengadakan kegiatan sosialisasi pada tanggal 23-24 Agustus 2017 dengan tema "Lelang melalui E-Auction dan E-Conventional Auction dalam Rangka Mewujudkan Lelang yang Aman, Unggul dan Terpercaya".

Kegiatan ini diadakan selama dua hari dengan audience yang berbeda, untuk hari pertama sosialisasi dihadiri oleh sekitar 30 perwakilan satuan kerja di wilayah KPKNL Pangkalan Bun sedangkan hari kedua dihadiri oleh sekitar 20 perwakilan dari perbankan yang berada di wilayah kerja KPKNL Pangkalan Bun. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh pejabat dari Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah, yaitu Edi Sutanto selaku Kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah, Sigit Bayuadi selaku Kepala Seksi Bimbingan Lelang II Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah, serta Widya Sunarka selaku Pelaksana pada Bidang Lelang Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah.

Pada hari pertama, kegiatan dibuka oleh Jamaludin selaku Kasubbag Umum KPKNL Pangkalan Bun mewakili Kepala KPKNL Pangkalan Bun dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Edi Sutanto. Kemudian sebagai pemateri pertama, Banu Hasmoro selaku Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Pangkalan Bun, menjelaskan mengenai jenis-jenis lelang dan urgensi diperlukannya e-auction dan e-conventional auction. Setelah sukses dengan e-auction, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) kembali berinovasi dengan meluncurkan e-conventional auction, yaitu lelang konvensional dengan kehadiran peserta tetapi memanfaatkan virtual account sebagai sistem pembayarannya (penyetoran dan pengembalian uang jaminan). Penggunaan virtual account sebagai sistem pembayaran ini diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat proses transaksi lelang. 

Supyanto dan Muhamad Nur Misbahul Fuad, Pelaksana Seksi Pelayanan Lelang sekaligus Pejabat Lelang KPKNL Pangkalan Bun, sebagai pemateri selanjutnya menjelaskan mengenai prosedur pengajuan permohonan lelang dan tata cara menggunakan e-auction. Pemberian materi ini dirasa perlu untuk diulang kembali, untuk mengingatkan para peserta khususnya dari satuan kerja sebagai pemohon lelang agar tidak terjadi kesalahan dalam proses pengajuan permohonan lelang. Para peserta pun terlihat sangat antusias dengan penjelasan tersebut, tak sedikit yang menyampaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam proses tersebut.

Setelah penutupan kegiatan sosialisasi pada hari pertama, acara dilanjutkan dengan peresmian E-Auction Corner KPKNL Pangkalan Bun oleh Kepala KPKNL Pangkalan Bun, Fendy Purwanto dan Edi Sutanto selaku perwakilan dari Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah yang disaksikan oleh seluruh peserta sosialisasi.

Pada hari kedua, kegiatan dibuka oleh Fendy Purwanto dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Edi Sutanto. Dalam pembukaannya, Fendy memperkenalkan diri sebagai Kepala KPKNL Pangkalan Bun yang baru kepada para peserta, karena ini merupakan kali pertama Fendy bertemu dengan perwakilan perbankan di wilayah kerja KPKNL Pangkalan Bun. Sebelum pemateri dari KPKNL Pangkalan Bun menyampaikan materinya, Widya Sunarka, dari Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah menyampaikan materi mengenai "Kunci Sukses dalam Penyelesaian Kredit Macet" karena peserta pada hari kedua adalah perwakilan perbankan. Selanjutnya Supyanto dan Muhamad Nur Misbahul Fuad kembali menyampaikan materi yang sama pada hari pertama dan terdapat beberapa peserta yang mengajukan pertanyaan dan tanggapan atas materi yang disampaikan. (Seksi HI KPKNL Pangkalan Bun)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini