KPKNL Pamekasan
Kilas Peristiwa DJKN

PERINGATAN HARI OEANG KE-72 DI PULAU MADURA

Kamis, 01 November 2018   |   0 kali

Pamekasan – Peringatan Hari Oeang Ke-72 di Pulau Madura bertempat di Kabupaten Pamekasan,  dan diikuti oleh instansi vertikal Kementerian Keuangan. KPKNL Pamekasan, KPP Pratama Pamekasan, KPPN Pamekasan ikut ambil bagian dalam memeriahkan peringatan Hari Oeang ke-72. Tahun ini terasa lebih spesial karena Kantor Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Madura yang berkantor di Sumenep, ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.

Kepala KPKNL Pamekasan, Harmaji, membuka secara resmi kegiatan peringatan Hari Oeang ke-72 di Madura (5/10). “Saya berharap kegiatan ini lebih mempererat ikatan persaudaraan insan Kementerian Keuangan di Pamekasan dan Madura pada umumnya. Kita tidak hanya semata-mata mencari kemenangan dalam setiap cabang olah raga yang dipertandingkan, tetapi lebih mementingkan nilai-nilai sportivitas dan kebersamaan, agar sinergi instansi vertikal Kementerian Keuangan lebih kuat kedepannya”, ujar Harmaji dalam sambutannya.     

Kagiatan ini diawali cabang olah raga Tenis Meja, bertempat di Aula KPPN Pamekasan. Cabang olah raga Tenis Meja akhirnya dimenangkan oleh KPP Pratama Pamekasan, setelah mengungguli 3 (tiga) kantor lainnya. Sistem pertandingan olah raga tahun ini mengadopsi sistem pertandingan layaknya Asian Games ataupun Olimpiade, yaitu dengan menghitung perolehan medali Emas, Perak, dan Perunggu dari tiap-tiap kantor.  

KPP Pratama Pamekasan akhirnya menjadi Juara Umum pada peringatan Hari Oeang kali ini dengan perolehan 4 (empat) medali emas dan 2 (dua) medali perunggu, menggeser Juara Umum peringatan Hari Oeang tahun lalu, yaitu KPKNL Pamekasan, yang harus puas di peringkat kedua pada klasemen akhir dengan perolehan medali 1 (satu) emas, 3 (tiga) perak, dan 2 (dua) perunggu. Disusul KPPN Pamekasan pada peringkat ketiga, dan Kantor Bea Cukai Madura pada posisi keempat.

Puncak acara Peringatan Hari Oeang ke-72 diadakan pada hari Jumat (26/10) bertempat di KPP Pratama Pamekasan. Diawali dengan jalan santai yang diikuti seluruh pegawai, dilanjutkan dengan makan bersama. Selain itu, panitia juga bekerjasama dengan PMI Cabang Pamekasan mengadakan Donor Darah. Acara semakin semarak dengan diadakannya Cerdas Cermat antar kantor. Tiap-tiap kantor diwakili oleh 3 (tiga) orang dan diberi pertanyaan seputar Kementerian Keuangan dan pengetahuan lainnya, yang diselingi dengan pembagian door prize. Acara diakhiri dengan penyerahan Piala Bergilir Juara Umum Peringatan Hari Oeang kepada KPP Pratama Pamekasan dan juara-juara cabang olah raga.

Peringatan Hari Oeang tahun ini diakhiri dengan pelaksanaan Upacara Bendera pada hari Selasa (30/10). Yang berbeda pada tahun ini, tidak diadakan pengibaran Bendera Merah Putih, karena Bendera Merah Putih telah dipasang setengah tiang untuk menghormati pegawai-pegawai Kementerian Keuangan RI yang menjadi korban jatuhnya pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT610 tujuan Jakarta-Pangkal Pinang (29/10). Selain itu, pita hitam disematkan pada lengan kiri setiap peserta upacara, sebagai tanda Kementerian Keuangan RI sedang berduka dan berkabung.  

Pada KPKNL Pamekasan, Peringatan Hari Oeang Ke-72 ditutup dengan kegiatan Tilawah dan doa bersama untuk para pegawai Kementerian Keuangan yang menjadi korban jatuhnya pesawat Lion Air. Acara yang diadakan setelah shalat Ashar tersebut juga mengundang Ustadz Iqrom Solehadi LC dari Pamekasan (30/10).

(Teks/Foto : Humas KPKNL Pamekasan)

Penulis : CANDRA KURNIAWAN
Tanggal ditulis : Kamis, 01 November 2018
Terakhir diedit : Jum'at, 02 November 2018
Foto Terkait Kilas Peristiwa
Kontak
Jl. Stadion No. 104 Pamekasan, Jawa Timur - 69323
(0324) 330830
(0324) 336330
kpknlpamekasan@kemenkeu.go.id