Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pamekasan Laksanakan DKO Triwulan III Tahun 2022
Nowo Agus Riswantoro
Selasa, 04 Oktober 2022   |   45 kali

Senin (03/10), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pamekasan melaksanakan kegiatan rutin triwulanan, rapat Dialog Kinerja Organisasi (DKO) periode triwulan III tahun 2022. Bertempat di ruang rapat lantai II, rapat DKO dipimpin langsung oleh Kepala KPKNL Pamekasan, Indera Widajanto dan dihadiri oleh para Kepala Seksi, Kepala Subbagian, dan para Pejabat Fungsional, serta perwakilan Pelaksana dari masing-masing Seksi/Subbagian. Sebagaimana periode sebelumnya, terdapat tiga agenda utama pada rapat DKO ini, yaitu tindak lanjut DKO triwulan II tahun 2022, reviu capaian kinerja triwulan III tahun 2022, dan pembahasan tematik DKO triwulan III tahun 2022 yang mengusung tema Monitoring dan Evaluasi (Monev) Persentase Bidang Tanah Barang Milik Negara (BMN) yang Disertipikatkan". 

 

Tepat pukul 15.30 WIB, rapat DKO dibuka oleh Dwi Agung Hari Utomo selaku Kepala Seksi Kepatuhan Internal yang dilanjutkan dengan pengarahan dari Kepala KPKNL Pamekasan, Indera Widajanto. Mengawali pengarahannya, Indera menyampaikan terima kasih atas sinergi dan kolaborasi yang terjalin dengan baik dari semua pegawai, sehingga target kinerja sampai dengan triwulan III tahun 2022 dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Selanjutnya, Indera menekankan tentang pentingnya prinsip kerja kolaborasi untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan capaian kinerja KPKNL Pamekasan yang sudah baik sampai dengan triwulan III tahun 2022 ini. “Saya berharap untuk periode berikutnya, kinerja yang telah tercapai dengan baik ini dapat tetap dipertahankan dan terus ditingkatkan, kita harus perkuat lagi kolaborasi, sehingga ke depan kita dapat mencapai beberapa target output sekaligus dalam setiap kali pelaksanaan pekerjaan” ujar Indera.

 

Acara dilanjutkan dengan pemaparan tindak lanjut DKO triwulan II tahun 2022 tentang monitoring dan evaluasi persentase produktivitas lelang dan persentase realisasi pokok lelang yang disampaikan oleh Andi Prayitno selaku koordinator Pejabat Fungsional Pelelang KPKNL Pamekasan. Dalam pemaparannya, Andi menyampaikan sekilas mengenai capaian produktivitas dan realisasi pokok lelang sampai dengan triwulan III tahun 2022, kendala dan permasalahan yang dihadapi, serta rencana aksi yang telah direalisasikan guna mencapai target tersebut. “Dapat kami sampaikan bahwa capaian produktivitas dan realisasi pokok lelang pada triwulan II tahun 2022 belum mencapai target tahunan, namun alhamdulillah untuk saat ini kedua target tersebut telah tercapai. Adapun rencana aksi yang telah kami lakukan, antara lain dengan memberikan imbauan kepada pemohon lelang hak tanggungan untuk mengajukan permohonan lelang yang objeknya berpotensi laku terjual dan seluruh satuan kerja (satker) Kejaksaan Negeri di wilayah Madura untuk mengajukan lelang barang rampasan agar mendapatkan hasil penjualan yang lebih optimal, melaksanakan lelang sukarela untuk produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) secara berkala, dan melaksanakan penggalian potensi lelang pada beberapa stakeholder," jelas Andi. 

 

Setelah pemaparan dari Andi, agenda dilanjutkan dengan reviu capaian kinerja triwulan III tahun 2022 yang disampaikan oleh Dwi Agung Hari Utomo. Dalam reviunya, Dwi Agung menyampaikan bahwa sebagaimana periode sebelumnya, sampai dengan periode triwulan III tahun 2022 ini capaian kinerja KPKNL Pamekasan masih sama, terdiri dari 16 (enam belas) IKU berwarna hijau dan 4 (empat) IKU berwarna abu-abu, namun untuk Nilai Kinerja Organisasi (NKO) mengalami peningkatan, yaitu dari NKO sebesar 116,32% menjadi sebesar 116,47%. "Secara umum capaian kinerja KPKNL Pamekasan sampai dengan periode triwulan III tahun 2022 ini sudah sangat baik, semoga capaian yang sudah sangat baik ini dapat terus dipertahankan atau ditingkatkan, sehingga capaian kinerja di tahun 2022 menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, ujar Dwi Agung.

 

Selanjutnya, agenda terakhir pada rapat DKO kali ini, yaitu pembahasan tematik DKO triwulan III tahun 2022 yang mengusung tema "Monev Persentase Bidang Tanah BMN yang Disertipikatkan". Pada kesempatan ini, Joko Surono selaku Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) memaparkan tentang rencana aksi yang akan dilakukan guna pencapaian target sertipikasi BMN tanah di akhir tahun 2022. "Mendekati akhir tahun, target sertipikasi BMN tanah semakin terus kami kejar, diperlukan langkah strategis untuk mencapainya. Langkah strategis yang akan kami tempuh, antara lain adalah terus berkoordinasi secara intensif dengan Kantor Pertanahan dan satker Kementerian/Lembaga terkait, baik secara on the spot maupun melalui pertemuan secara daring, telepon, whatsapp grup, dan rapat bersama,” ujar Joko. Tidak hanya berjalan satu arah, dalam pembahasan tematik ini seluruh peserta rapat juga turut aktif memberikan masukan dan usulan strategis untuk mencapai target yang telah ditetapkan.

 

Mengakhiri acara, Indera berpesan agar seluruh jajaran dapat terus aktif berkoordinasi dan melakukan akselerasi action plan, sehingga target kinerja di tahun 2022 dapat tercapai secara keseluruhan. “Berikan kinerja yang terbaik dan terus tingkatkan kualitas layanan. Untuk Seksi PKN, agar melaksanakan rencana aksi dengan sebaik-baiknya, sesuai jadwal yang telah dibuat,” pungkas Indera menutup rapat DKO Triwulan III Tahun 2022.

 

 

(Seksi HI, KPKNL Pamekasan)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini