Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Pengembangan Inovasi Menuju WBBM
Muhammad Mukti Abadi
Rabu, 25 Agustus 2021   |   138 kali

Pamekasan - Sebagai tindak lanjut rekomendasi Tim Penilai Nasional (TPN) berupa penyempurnaan inovasi yang telah dibangun agar secara nyata dapat semakin meningkatkan pencapaian kinerja utama KPKNL Pamekasan, Rabu (25/08) diadakan Rapat Penyempurnaan/Pengembangan Inovasi secara virtual melalui zoom meeting yang diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan KPKNL Pamekasan. Adapun inovasi yang dibahas untuk pengembangannya tersebut adalah inovasi Layanan Informasi KPKNL Pamekasan berbasis WhatsApp yang disingkat dengan LINK WhatsApp dan Layanan Informasi KPKNL Pamekasan berbasis Google Drive yang disingkat dengan LINK Google Drive.

Rapat pembahasan ini dipandu oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Dwi Nugroho selaku Ketua Tim Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI WBK) KPKNL Pamekasan Tahun 2020. Dalam pembukaannya Dwi menyampaikan, “Sebagaimana rekomendasi dari TPN, kita perlu menyempurnakan/mengembangkan inovasi yang telah kita bangun, agar dapat semakin meningkatkan pencapaian kinerja dan juga sekaligus sebagai persiapan menghadapi penilaian Pembangunan ZI menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di tahun yang akan datang. Di sini kita juga perlu mengadakan survei kecil untuk mengetahui tingkat efektivitas dan efisiensi dari penerapan inovasi LINK WhatsApp dan LINK Google Drive guna penguatan kualitas pelayanan kepada publik dalam rangka persiapan menuju WBBM,” ujarnya.

Selanjutnya, Yohanova Adi Prasetyo selaku pencipta inovasi LINK WhatsApp dan LINK Google Drive memaparkan latar belakang terciptanya dua inovasi tersebut. Menurut Yohan, latar belakang dibangunnya dua inovasi tersebut adalah dalam rangka meningkatkan pelayanan yang lebih cepat dan efektif secara daring kepada stakeholder. Di tengah masa pandemi Covid-19, KPKNL Pamekasan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan tetap meminimalkan kontak fisik secara langsung.

Lebih jauh, Yohan juga menjelaskan kegunaan dari inovasi LINK WhatsApp dan LINK Google Drive. “LINK Whatsapp merupakan layanan informasi yang diberikan guna memenuhi kebutuhan stakeholder dengan memanfaatkan aplikasi WhatsApp, sedangkan LINK Google Drive merupakan layanan yang diberikan guna memenuhi kebutuhan stakeholder dalam rangka mendapatkan file/data yang dibutuhkan terkait Pengelolaan Kekayaan Negara, Penilaian, Pengurusan Piutang Negara, dan Lelang secara daring,” terang Yohan. Selain itu, Yohan juga menjelaskan manfaat dari inovasi buatannya tersebut selama kurun waktu kurang lebih satu tahun, sejak inovasi tersebut dibangun.

Setelah menjelaskan tentang latar belakang, kegunaan, dan manfaat dari dua inovasi tersebut, pada akhir penjelasannya Yohan juga memberikan opininya, “Menurut saya, pemanfaatan kedua inovasi ini sudah cukup efektif, namun demikian ada beberapa fitur yang dapat dikembangkan untuk persiapan menuju WBBM nanti,” ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi mengenai pengembangan inovasi LINK WhatsApp dan LINK Google Drive oleh seluruh peserta rapat yang hadir. Dalam sesi ini, terdapat beberapa masukan terhadap pengembangan dari inovasi yang telah dijelaskan sebelumnya. “Menurut saya, inovasi LINK Google Drive ini dapat dibuat untuk aplikasinya, sehingga akan lebih mudah diakses melalui smartphone,” ujar salah satu peserta rapat.

Sesi penyampaian saran dan masukan terhadap inovasi menjadi penutup dalam kegiatan rapat kali ini. Di akhir acara, Harmaji selaku Kepala KPKNL Pamekasan menyampaikan harapannya tentang pengembangan dari dua inovasi ini. “Saya berharap kedua inovasi, LINK WhatsApp dan LINK Google Drive dapat menjadi nilai tambah dalam Pembangunan ZI WBBM, utamanya dapat meningkatkan kualitas layanan kepada pengguna layanan dengan kemudahan dan percepatan sesuai nilai-nilai Kemenkeu,” ujarnya. 

(Seksi HI, KPKNL Pamekasan)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini