Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Rapat Koordinasi bersama BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura
Dian Novianto Prihantono
Jum'at, 11 Desember 2020   |   427 kali

Bangkalan – Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, Jumat (11/12) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pamekasan bersama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Madura mengadakan Rapat Koordinasi Monitoring dan Evaluasi Berkas Kasus Piutang Negara (BKPN) Tahun 2020 dan Strategi Pengurusan Piutang Negara Tahun 2021 serta pelaksanaan Lelang Non Eksekusi Wajib Barang Milik BPJS Ketenagakerjaan, bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura, Jalan Halim Perdana Kusuma Nomor 4 Kabupaten Bangkalan. Acara dihadiri oleh Kepala KPKNL Pamekasan dengan didampingi Kepala Seksi Piutang Negara dan Kepala Seksi Pelayanan Lelang serta para Staf, sedangkan dari pihak BPJS Ketenagakerjaan dihadiri oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura dan para Staf.

Tepat pada pukul 08.30 WIB, acara rapat dibuka oleh Dhyah Swasti, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura dengan memperkenalkan para Staf yang terkait dengan pengurusan piutang negara, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kepala KPKNL Pamekasan, Harmaji. Dalam sambutannya Harmaji menyampaikan terima kasihnya kepada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura yang telah mengundang KPKNL Pamekasan pada acara ini dan atas kerjasamanya selama ini dalam penyelesaian piutang negara. “Diharapkan dengan adanya kegiatan koordinasi antara BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura dan KPKNL Pamekasan, akan didapatkan kesamaan persepsi dan strategi dalam pencapaian target kinerja penyelesaian piutang negara penyerahan BPJS Ketenagakerjaan tahun 2020 dan rencana strategis pengurusan piutang negara tahun 2021”, tambah Harmaji.

Moh. Sahroni, Kepala Seksi Piutang Negara lebih lanjut memaparkan mengenai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 163/PMK 06/2020 tentang Pengelolaan Piutang Negara pada Kementerian Negara/Lembaga, Bendahara Umum Negara dan Pengurusan Sederhana oleh Panitia Urusan Piutang Negara. Tidak hanya mengenai Pengurusan Piutang Negara pada Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN), ruang lingkup PMK 163/2020 juga meliputi Pengelolaan Piutang Negara pada Kementerian Negara/Lembaga (K/L), yaitu kegiatan penatausahaan, penagihan, penyelesaian, serta pembinaan, pengawasan, pengendalian, dan pertanggungjawaban. Sahroni juga menyampaikan progress pengurusan piutang negara penyerahan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura dari tahun 2011 hingga tahun 2020 dengan tahap pengurusan lunas, selesai, dan dikembalikan. Di mana terdapat 91 BKPN yang telah diserahkan dengan nilai sebesar Rp993.239.532,29 dan saat ini tersisa 8 BKPN dengan nilai sebesar Rp101.324.733,27 atau dengan capaian penyelesaian sebesar 91%.

Dalam rapat juga dibahas mengenai persyaratan NPWP untuk penyerahan piutang negara walaupun tidak wajib, hal ini sangat membantu untuk dapat dilakukan pelacakan pada Kantor Pelayanan Pajak jika Debitur/Penanggung Hutang tidak diketahui keberadaannya. Selain itu, disinggung juga bahwa akan dilakukan rekonsiliasi jumlah piutang negara agar tidak ada lagi perbedaan besaran piutang negara antara KPKNL Pamekasan dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura.

Di sela waktu rapat, sebagaimana tersebut di atas, juga dilaksanakan lelang barang milik BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura berupa 1 paket barang inventaris kantor dan 2 buah kendaraan roda empat. Pelaksanaan lelang secara online ini merupakan lelang perdana BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura. Dipimpin langsung oleh Mariono selaku Pelelang Ahli Muda KPKNL Pamekasan, ketiga barang yang dilelang dengan total nilai limit sebesar Rp107.889.688,00 telah laku terjual jauh di atas nilai limit, yaitu sebesar Rp138.689.688,00.

Proses lelang secara online melalui internet dengan cara penawaran open bidding membuktikan bahwa pelaksanaan lelang yang terbuka, adil, dan kompetitif, sehingga dapat membentuk harga pokok lelang yang optimal. Suksesnya lelang perdana ini membuat BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura sangat antusias untuk melaksanakan lelang asetnya pada tahun 2021.

Acara rapat koordinasi diakhiri dan ditutup dengan makan siang serta foto bersama.

 

(Seksi PN dan HI, KPKNL Pamekasan)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini