Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Dialog Kinerja Organisasi Triwulan III 2020 KPKNL Pamekasan
Muhammad Mukti Abadi
Rabu, 07 Oktober 2020   |   112 kali

Pamekasan – Rabu (7/10), KPKNL Pamekasan melaksanakan rapat Dialog Kinerja Organisasi (DKO) Triwulan III Tahun 2020. Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui zoom meeting mengingat wabah Covid-19 masih belum sepenuhnya mereda, walaupun untuk wilayah Jawa Timur saat ini sudah keluar dari zona merah dan untuk Kabupaten Pamekasan serta Sampang sudah masuk zona kuning.

Peserta dalam kegiatan ini, yaitu seluruh Kepala Seksi dan Kepala Subbagian Umum di lingkungan KPKNL Pamekasan serta Kepala Kantor sebagai pemimpin jalannya rapat. Kegiatan DKO ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap triwulan untuk mengetahui sejauh mana capaian target kinerja yang telah diperoleh sekaligus menyusun strategi dan melakukan mitigasi risiko untuk mencapai target-target yang belum optimal sampai dengan akhir tahun 2020.

Acara DKO dimulai pada pukul 09.00 WIB dan dibuka oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Dwi Nugroho. “Fokus DKO kali ini adalah pada optimalisasi capaian kinerja Lelang dan monitoring realisasi capaian kinerja Piutang Negara yang menjadi pokok bahasan saat DKO Triwulan II Tahun 2020” jelasnya secara singkat. Selanjutnya dalam arahannya, Harmaji selaku Kepala KPKNL Pamekasan menyoroti beberapa capaian yang masih merah dan kuning. Kondisi pandemi Covid 19 secara umum cukup mempengaruhi daya beli masyarakat, sehingga lelang yang diajukan oleh Perbankan berupa lelang Hak Tanggungan tidak terjual, karena tidak ada penawaran. Ia berharap dengan waktu yang tersisa, yaitu tidak sampai tiga bulan, capaian kinerja yang belum tercapai tersebut dapat dioptimalkan, sehingga dapat mencapai target yang telah ditetapkan.

Dwi Nugroho kemudian menampilkan data-data yang berisi capaian kinerja KPKNL Pamekasan sampai dengan triwulan III 2020. “Warna hijau berarti target sudah tercapai, kuning dan merah mengindikasikan bahwa target belum tercapai, sedangkan warna abu-abu adalah target-target yang telah dilakukan relaksasi atau bisa juga karena capaian baru bisa dilihat di akhir tahun.” jelasnya saat memberikan pemaparan capaian kinerja melalui tayangan presentasi.

Kegiatan dilanjutkan oleh presentasi dari Kepala Seksi Piutang Negara, Moh. Sahroni yang menjelaskan langkah-langkah yang telah dan akan dilakukan dalam rangka optimalisasi penyelesaian Berkas Kasus Piutang Negara (BKPN). Diperkirakan sampai dengan akhir tahun, target dapat direalisasikan dengan harapan beberapa Penanggung Hutang penyerahan dari Dinas Koperasi Kabupaten Sampang dan BPJS Ketenagakerjaan dapat menyelesaikan kewajibannya.

Kemudian Kepala Seksi Pelayanan Lelang, I Komang Eka Diana memaparkan capaian kinerja Lelang sampai dengan triwulan III 2020 dan dijelaskan juga kendala yang dihadapi dalam mencapai target tersebut. Di akhir presentasi ia menjelaskan langkah-langkah strategis yang telah dan akan ditempuh, antara lain meningkatkan koordinasi dengan pemohon lelang dan mengoptimalkan publikasi dengan bantuan Seksi Informasi dan Hukum agar target yang belum tercapai sampai dengan triwulan III dapat dicapai di akhir tahun 2020.

Di akhir sesi kegiatan, dipimpin oleh Kepala Kantor, dilakukan diskusi secara menyeluruh tentang strategi untuk mencapai target di tahun 2020 dari hasil pemaparan yang dilakukan oleh Kepala Seksi Piutang Negara dan Kepala Seksi Pelayanan Lelang tersebut. Masing-masing peserta rapat memberikan tanggapan dan masukan yang membangun dalam rangka pencapaian target di tahun 2020.

Dengan adanya kegiatan DKO seperti ini, KPKNL Pamekasan terus berkomitmen agar target yang telah ditentukan dapat tercapai dengan berbagai terobosan dan inovasi yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hal ini dilakukan semata-mata sebagai bentuk komitmen KPKNL Pamekasan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada stakeholder sesuai dengan tugas dan fungsi kantor pelayanan.

(Seksi HI, KPKNL Pamekasan) 

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini