Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pamekasan Laksanakan Dialog Kinerja Organisasi (DKO) Triwulan II Tahun 2020 untuk Terus Meningkatkan Kinerja
Wone Shubhanayati
Kamis, 02 Juli 2020   |   131 kali

Kamis (02/07), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pamekasan mengadakan agenda rutin triwulanan, yaitu Dialog Kinerja Organisasi (DKO) yang pada kesempatan kali ini membahas terkait capaian kinerja semester I tahun 2020 dan rencana aksi untuk pencapaian target IKU semester II tahun 2020. DKO yang dimulai pada pukul 09.00 WIB ini dilakukan secara daring menggunakan aplikasi virtual meeting. DKO Triwulan II Tahun 2020 ini dihadiri oleh Kepala KPKNL Pamekasan, seluruh Kepala Seksi dan Kasubbag Umum, serta beberapa pegawai KPKNL Pamekasan.

Harmaji, Kepala KPKNL Pamekasan, membuka agenda DKO dengan menginformasikan bahwa KPKNL Pamekasan sudah siap melaksanakan transisi new normal, memberikan pelayanan berkualitas secara tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, mengingat sarana dan prasana terkait hal tersebut, seperti alat pengukur suhu tubuh, desinfektan, face-shield dan mika pembatas pada ruang Area Pelayanan Terpadu (APT) telah tersedia, yang dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan KPKNL Pamekasan.

Selanjutnya, setelah acara dibuka, Dwi Nugroho selaku Kepala Seksi Kepatuhan Internal menyampaikan ikhtisar capaian kinerja KPKNL Pamekasan sampai dengan triwulan II tahun 2020. Dwi menyampaikan bahwa capaian kinerja KPKNL Pamekasan masih terdapat Indikator Kinerja Utama (IKU) yang merah, bahwa hal ini menjadi pelecut semangat agar di triwulan berikutnya IKU yang masih merah menjadi hijau, yang menandakan IKU tersebut tercapai sesuai target.

Tema pembahasan utama pada DKO Triwulan II Tahun 2020 ini adalah Penyelesain Piutang Negara, di mana Kepala Seksi Piutang Negara, Moh. Sahroni menjelaskan terkait salah satu IKU Seksi PN yang masih merah, yaitu Penyelesaian BKPN. Hal tersebut dikarenakan antara lain adanya bencana wabah penyakit akibat Covid-19 yang menyebabkan ruang gerak dalam penyelesaian BKPN kurang efektif serta adanya refocusing anggaran, sehingga program lelang barang jaminan hutang sementara waktu ditunda. Terhadap hal ini juga sudah menjadi perhatian Kantor Wilayah DJKN Jawa Timur, dikarenakan permasalahan tersebut tidak hanya terjadi di KPKNL Pamekasan, tetapi juga terjadi di KPKNL lain di wilayah Kanwil DJKN Jawa Timur.

Di bidang Pengelolaan Kekayaan Negara, IKU terkait PNBP aset masih jauh dari target, dikarenakan potensi pemanfaatan aset BMN di Madura sangat terbatas. Khusnul Arifin, Kepala Seksi PKN menyampaikan bahwa untuk meningkatkan PNBP aset, seksi PKN tetap melakukan pendekatan dan langkah taktis terhadap satuan kerja di wilayah KPKNL Pamekasan yang potensial menyumbang PNBP aset.

Kemudian dari pelaksanaan lelang, Kepala Seksi Pelayanan Lelang, I Komang Eka Diana menyampaikan bahwa untuk potensi lelang masih mengharapkan dari beberapa lelang Hak Tanggungan dari lembaga perbankan dengan harapan dapat laku terjual, meskipun dengan adanya pandemi Covid-19 ini juga mempengaruhi minat pembeli, karena adanya penurunan daya beli masyarakat. Salah satu satu strategi yang akan dilakukan adalah dengan meningkatkan publikasi lelang, sehingga masyarakat luas mengetahui adanya lelang, khususnya lelang oleh KPKNL Pamekasan.

Pelaksanaan DKO Triwulan II Tahun 2020 berakhir pukul 10.20 WIB dengan sangat lancar, para peserta agenda tersebut saling memberikan saran positif untuk meningkatkan kerja sama internal dan memotivasi berkinerja lebih baik. Pesan penutup dari Harmaji, agar kita tetap berusaha semangat mengoptimalkan kinerja dengan berpegang teguh pada Nilai-nilai Kementerian Keuangan serta tetap menjaga protokol kesehatan.

(HI KPKNL Pamekasan).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini