Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sharing Session Perdana Tahun 2020
Dian Novianto Prihantono
Kamis, 16 Januari 2020   |   137 kali

Pamekasan. Bertempat di Smart Corner, Rabu (15/1/2020) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pamekasan mengadakan kegiatan sharing session untuk pertama kalinya di tahun 2020. Adapun materi yang dibawakan kali ini adalah tentang pengoperasian aplikasi Naskah Dinas Elektronik (Nadine) Kementerian Keuangan oleh Adlan Shibghotulloh Afifi staf Seksi Pelayanan Lelang.

Implementasi tata naskah dinas elektronik di lingkungan Kementerian Keuangan dalam suatu modul aplikasi Naskah Dinas Elektronik yang selanjutnya disebut dengan Nadine merupakan sistem pengelolaan naskah dinas dengan menggunakan intranet dan internet untuk merekam, menyimpan, memproses, dan menyajikan informasi naskah dinas di lingkungan Kementerian Keuangan. Penggunaan aplikasi Nadine akan mengurangi proses yang tidak diperlukan dalam penanganan naskah dinas, karena prosedur standar yang biasanya dilakukan secara manual bisa dialihkan pada sistem komputerisasi. Kinerja dalam hal penanganan naskah dinas akan meningkat karena sistem aplikasi memungkinkan semua aktivitas berlangsung secara real time yang dibantu dengan teknologi informasi. Dengan mengimplementasikan Nadine, diharapkan akan memberikan manfaat berupa penghematan sumber daya, seperti tenaga, kertas, waktu, dan biaya karena mengurangi jumlah naskah dinas yang harus dicetak. Implementasi Nadine juga akan memberikan keamanan dalam penyimpanan dokumen, kemudahan dalam menangani dokumen, dan keakuratan dalam pelacakan status dokumen apabila diperlukan.

 

Nadine sebagai perwujudan otomatisasi penanganan naskah dinas sebagaimana tersebut di atas, telah diterapkan di seluruh unit organisasi di lingkungan Kementerian Keuangan, tidak terkecuali DJKN, termasuk KPKNL Pamekasan juga harus mengikuti perubahan ini. Telah disampaikan dalam sharing session kali ini mengenai Petunjuk Awal Login dan Pembuatan Naskah Dinas (Role Konseptor), Petunjuk  Eselon 4 (Role Pemeriksa), Petunjuk Eselon 4 (Role Pemeriksa Tolak Konsep), Petunjuk Penandatanganan, Petunjuk Disposisi Surat, dan Petunjuk Rekam Surat (Role TU/Sekretaris).

 

Adapun harapan dengan adanya kegiatan ini adalah memberikan pemahaman lebih kepada para Pejabat dan Pegawai dalam mengoperasionalkan aplikasi Nadine, sehingga implementasi Tata Naskah Dinas Elektronik di lingkungan KPKNL Pamekasan akan lebih optimal lagi.

 

(Teks dan foto : Seksi HI KPKNL Pamekasan)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini