Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kemenkeu Goes to School bersama SMA Negeri 1 Pamekasan
Wone Shubhanayati
Selasa, 15 Oktober 2019   |   378 kali

Pamekasan, Selasa (15/10). Dalam rangka lebih mengenalkan peran Kementerian Keuangan kepada masyarakat, Kemenkeu Muda Jawa Timur bersama Perwakilan Kemenkeu Provinsi Jawa Timur mengadakan acara Kemenkeu Goes to School yang bertempat di SMA Negeri 1 Pamekasan.

Kemenkeu Goes to School adalah acara yang diprakarsai oleh Kemenkeu Muda, yang merupakan sekumpulan pegawai muda Kemenkeu dalam berkolaborasi, berkontribusi, dan berinovasi di Kementrian Keuangan. Tidak hanya sendirian, Kemenkeu Muda turut menggandeng Perwakilan Kemenkeu Provinsi Jawa Timur yang di Kepalai oleh Etto Sunaryanto, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Jawa Timur, untuk menyukseskan Kemenkeu Goes to School dan sebagai contoh orang-orang sukses Kementerian Keuangan dalam berkontribusi sebagai punggawa Keuangan Negara. Turut hadir dalam acara tersebut, Latif Helmi selaku Kepala KPPBC Madura, Budi Dharmanto selaku Kepala KPPN Pamekasan, Harmaji selaku Kepala KPKNL Pamekasan, serta Teddy Heriyanto selaku Kepala KPP Pratama Pamekasan.

Acara yang diikuti oleh kurang lebih 200 siswa-siswi SMAN 1 Pamekasan dibuka dengan jargon semangat kemudian sambutan oleh Faridah, Kepala Sekolah SMAN 1 Pamekasan dan dilanjutkan dengan sambutan Etto selaku Kepala Perwakilan Kemenkeu Provinsi Jawa Timur. Dalam sambutannya, Etto menyampaikan bahwa tujuan dari diadakannya acara ini, yaitu untuk lebih mendekatkan peran Kementrian Keuangan dalam upaya menjaga ekonomi negeri dan tidak hanya memperkenalkan terkait tugas dan fungsi Kementrian Keuangan saja, tetapi juga memperkenalkan profesi-profesi yang ada di Kementerian Keuangan yang tersebar ke beberapa unit Eselon I.

Dalam acara tersebut perwakilan unit vertikal Kementerian Keuangan, yaitu KPPBC, KPPN, KPKNL, KPP, dan BDK memberikan pemaparan terkait tugas dan fungsi masing-masing unit vertikal yang berada di wilayah Jawa Timur. Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pamekasan sebagai unit vertikal DJKN wilayah Madura, diwakili oleh I Komang Eka Diana, Kepala Seksi Lelang, menyampaikan peran KPKNL sebagai insan keuangan, yang salah satu tugasnya, yaitu menjaga dan mengelola aset negara.

Tidak hanya pemaparan materi saja, KPKNL Pamekasan turut menyemarakkan acara dengan mengadakan simulasi lelang yang dilaksanakan oleh Mariono selaku Pejabat Lelang. Simulasi lelang ini, diikuti oleh para peserta Kemenkeu Goes to School dan dirancang sama persis dengan pelaksanaan lelang konvensional. Antusiasme para peserta simulasi lelang sangat jelas terasa, di mana para peserta lelang berkejaran menaikkan harga untuk memenangkan barang-barang lelang berupa helm KYT, speaker JBL, Headphone JBL, dan powerbank Roboot. Di akhir acara Pejabat Lelang memberikan kejutan kepada para peserta lelang bahwa barang lelang tersebut tidak perlu dilunasi, karena KPKNL Pamekasan memberikan secara gratis barang tersebut sebagai bentuk apresiasi atas antusiasme dan semangat siswa-siswi SMAN 1 Pamekasan yang menjadi peserta lelang.

Harmaji, Kepala KPKNL Pamekasan berharap dengan adanya acara ini masyarakat lebih mengenal Kemenkeu, khususnya KPKNL Pamekasan, baik tugas dan fungsi maupun peran KPKNL dalam mengelola Keuangan Negara sebagai insan DJKN yang Dinamis (Digital dalam proses, Inovatif dalam berpikir, Militan dalam implementasi). Di samping itu, sebagai salah satu rangkaian dalam peringatan Hari Oeang R.I. yang ke-73 tahun 2019, dapat terjalin sinergi yang kuat antara seluruh unit Kementerian, khususnya yang berada di Pulau Madura. (Teks: Wone/Foto: Candra & Wone).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini