Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Pembelian Lelang Melalui Kredit Solusi BRI
Hartini
Selasa, 23 Juli 2019   |   363 kali

Sumenep. Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pamekasan bekerja sama dengan PT. BRI (Persero) Cabang Sumenep mengadakan Talk Show  mengenai Pembelian Lelang Melalui Kredit Solusi BRI, di Studio Pro 1 FM 101,3 RRI Sumenep, Kamis (18/7).

 

Talk Show  ini merupakan ketiga kalinya KPKNL Pamekasan mengudara menyapa pendengar  setia RRI Sumenep diwilayah Madura. Talk Show kali ini dengan Narasumber, Yulianto  Kepala Seksi Hukum dan Informasi dan Mariono Pejabat Lelang KPKNL Pamekasan serta  Ahmad Imam Wahyudi, Asisten Manager Pemasaran PT. BRI (persero) Cabang Sumenep.

 

Dalam kesempatan ini,  Yulianto, memperkenalkan tugas pokok dan fungsi KPKNL yang merupakan  salah satu unit Kantor Vertikal dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara yang ada didaerah. KPKNL mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai pengelola kekayaan negara berupa Barang Milik Negara (BMN) yang dikuasai satker-satker vertikal di wilayah Madura, melaksanakan pengurusan piutang negara yang berasal dari kredit macet penyerahan dari instansi pemerintah, melaksanakan penilaian terhadap Barang Milik Negara/Daerah dan melaksanakan lelang terhadap barang-barang yang dimohonkan lelang baik lelang eksekusi maupun lelang non eksekusi wajib atau sukarela. 

“Lelang sebagai sarana penjualan barang yang terbuka untuk umum, dengan penawaran harga secara tertulis dan/atau lisan yang semakin meningkat atau menurun untuk mencapai harga tertinggi ini sebelumnya didahului dengan Pengumuman Lelang” tambah Yulianto saat menyapa pendengar RRI.

 

Masyarakat yang berminat untuk membeli barang yang dijual melalui lelang namun dana yang dimilikinya belum mencukupi dapat menghubungi PT. BRI (Persero) Cabang Sumenep, nantinya  dapat dibantu dengan menggunakan KPR Kredit Solusi. Pembelian lelang dimaksud  dilakukan dengan terlebih dahulu mengajukan permohonan kredit kepada PT. BRI (Persero) Cabang Sumenep, syarat dan pengajuan sama dengan pengajuan kredit pada umumnya. Setelah semua berkas lengkap dan disetujui maka calon pembeli lelang baru menyetorkan uang jaminan dan mengikuti lelang. Apabila dinyatakan sebagai pemenang lelang nantinya pelunasan pembayaran akan dilaksanakan oleh pihak BRI dan pemenang lelang akan mengangsur sesuai dengan kredit yang telah disepakati bersama.

 

Penyiar RRI Sumenep mbak Ririn memandu acara Talk Show dengan supel dan tanpa rasa canggung sehingga acara berjalan lancar, sehingga banyak mendapat respons positif dari masyarakat hal ini terbukti dengan adanya interaksi melalui kontak telepon. Pertama dari Akram di Kepulauan Raas yang menanyakan mengenai kebijakan BRI agar sebelum dilaksanakan lelang terlebih dahulu dilakukan upaya lainnya.

“Pengajuan lelang yang dilakukan pihak BRI sudah dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama dimana sebelumnya telah dilakukan upaya penagihan dengan mengeluarkan surat peringatan pertama, surat peringatan Kedua dan Surat peringatan ketiga / terakhir terhadap debitur-debitur yang wanprestasi, upaya-upaya yang dilakukan apabila telah menemui jalan buntu maka upaya yang terakhir yang dilakukan dengan cara lelang” jawab Ahmad Imam Wahyudi atau biasa disapa Yudi.

 

Pertanyaan kedua datang dari Yudi yang mempertanyakan apa ada lelang yang dilaksanakan secara terbuka di wilayah Sumenep ? pertanyaan ini dijawab oleh Mariono bahwa lelang yang dilaksanakan saat ini sudah sangat terbuka dimana sebelumnya telah dilakukan pengumuman baik melalui selebaran maupun melalui surat kabar harian baik Radar Madura atau surat kabar harian lainnya. Jadi yang dimaksud terbuka di sini pengumuman lelangnya tidak lagi ditutup-tutupi juga pelaksanaan lelangnya juga sudah melalui web. www.lelang.go.id jadi semuanya sudah transparan.

 

Acara ditutup dengan penyampaian himbauan peringatan kepada masyarakat Madura agar jangan sampai tergiur dengan penjualan barang murah  yang mengatasnamakan lelang dan pada akhirnya melakukan penipuan.

 

(Teks : Hartini Foto : Hartini)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini