Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
EDUKASI PEMAHAMANAN PEMANFAATAN BARANG MILIK NEGARA (BMN) KEPADA MASYARAKAT DI SEKITAR PELABUHAN TELAGA BIRU BANGKALAN
Yulianto
Senin, 05 November 2018   |   392 kali

Pamekasan. Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pamekasan bersama Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Telaga Biru memberikan edukasi pemahaman pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) kepada masyarakat di sekitar Pelabuhan Telaga Biru  bertempat di Kantor Camat Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan, Jumat (2/11).

 

Acara diikuti Bambang Sugiarto Kepala Kantor UPP Telaga Biru, Harmaji Kepala KPKNL Pamekasan, Khusnul Arifin Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL, perwakilan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (MUSPIKA) Tanjung Bumi yaitu Komandan Koramil Tanjung Bumi dan Kepala Kepolisian Sektor Tanjung Bumi dan masyarakat yang tinggal di sekitar Pelabuhan Telaga Biru.

 

Acara dibuka Bambang Sugiarto Kepala UPP Telaga Biru, dalam sambutannya Bambang mengatakan “Terima kasih atas kedatangan Kepala KPKNL Pamekasan yang bersedia memenuhi undangan kami, dan saya sangat mengapresiasi antusias warga di sekitar pelabuhan telaga biru yang bersedia hadir dalam acara ini.

 

Saya harapkan materi tentang pemanfaatan BMN ini dapat dipahami semua pihak dan apabila kurang jelas nantinya saya persilahkan untuk mengajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya mengenai pemanfaatan BMN kenarasumber kita Kepala KPKNL Pamekasan” tambah Bambang.

 

Harmaji Kepala KPKNL Pamekasan menjelaskan bahwa pemanfaatan BMN merupakan salah satu tugas Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Cq. KPKNL Pamekasan yang menghasilkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

 

”Selain untuk menghasilkan PNBP, pemanfaatan BMN sekaligus dalam rangka melaksanakan pengelolaan negara yang tertib administrasi, tertib fisik dan tertib hukum, sehingga masyarakat yang memanfaatkan BMN berupa tanah di sekitar pelabuhan lebih jelas kedudukannya sebagai penyewa yang sah” ujar Harmaji.

 

Kemudian materi tata cara pemanfaatan BMN disampaikan Khusnul Arifin Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara.

 

Antusias masyarakat dalam mengikuti edukasi pemanfaatan BMN tersebut sangat besar, terlihat dari beberapa pertanyaan yang diajukan, diantaranya tanggapan dan pertanyaan dari Kepala Desa Paseseh yang mewakili masyarakat menyampaikan harapan agar permasalahan pemanfaatan BMN di sekitar Pelabuhan Telaga Biru bisa dibahas sampai tuntas dan menyampaikan pula bahwa masyarakat akan taat pada hukum dan akan mengikuti peraturan yang ada, namun karena penghasilan masyarakat sekitar yang tidak besar, diharapkan agar Kantor UPP Telaga Biru maupun KPKNL Pamekasan dapat mengakomodir kemampuan dan kebutuhan masyarakat. 

 

Menjawab harapan dan permintaan dari masyarakat tersebut, Kantor UPP Telaga Biru maupun KPKNL Pamekasan akan mempelajari permasalahan yang ada dan berupaya untuk mengakomodir permintaan masyarakat sepanjang tidak melanggar peraturan yang berlaku.

 

Komandan Koramil Tanjung Bumi dan Kepala Kepolisian Sektor Tanjung Bumi juga menambahkan bahwa saat ini pengelolaan aset negara memang dilaksanakan lebih baik dan diadminstrasikan serta dilaporkan dengan tertib. Keduanya juga menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi dan menaati peraturan-peraturan umum yang berlaku dan khususnya tentang pemanfaatan BMN. Acara ditutup Bambang Sugiarto dan dilanjutkan dengan ramah tamah.

 

(Teks dan Dokumentasi : Humas KPKNL Pamekasan)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini