Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Peringatan 110 Tahun Vendu Reglement Di Pulau Madura
Yulianto
Jum'at, 02 Maret 2018   |   222 kali

Pamekasan - Puncak peringatan 110 tahun Vendu Reglement atau Undang Undang Lelang dilaksanakan KPKNL Pamekasan di pulau Madura dengan mengadakan lelang sukarela. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman KPKNL Pamekasan pada Kamis (1/3).

Peringatan 110 tahun Vendu Reglement kali ini sangat meriah dihadiri stakeholder lelang dari mulai Kepala KPPN Pamekasan, KPP Pratama Pamekasan, Bea dan Cukai Sumenep, Pemimpin PT. BRI (persero) Cabang Pamekasan, Bangkalan, Sampang dan Sumenep, Kepala DPPKAD Kabupaten Pamekasan dan peserta lelang.

Di hari pelaksanaan lelang,  sejak pagi  pendaftaran sebagai pembeli/peserta lelang masih dibuka sampai dengan pukul 09.00 WIB. Pendaftaran pembeli/peserta lelang sudah dimulai dua hari sebelum pelaksanaan lelang. Peserta lelang yang sudah melakukan pendaftaran pada hari-hari sebelumnya, bisa langsung mengambil Nomor Peserta Lelang (NPL) yang akan digunakan sebagai tanda melakukan penawaran saat lelang berlangsung.

Acara lelang ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengedukasi  masyarakat pamekasan untuk menggunakan layanan lelang sebagai instrument jual beli.

Pada lelang kali ini, barang-barang yang dilelang berupa sepeda lipat, speaker active, home audio, speaker, TV merk Toshiba, Sharp dan Polytron, Sport Kamera, Mesin Bor, Guitar Akustik, Sepatu Wanita, Sarung Tinju, Tas Kulit, Raket Bulutangkis, Mixer dan Penyejuk Udara. Barang-barang tersebut merupakan barang yang dihimpun dari para stakeholder dan para pegawai yang berkeinginan menjual barangnya melalui lelang.

Permohonan lelang diajukan Yuli Widayat kuasa pemohon lelang sukarela, dan bertindak sebagai Pejabat Lelang Arasmin Simamora dengan dibantu Syamsul Arifin sebagai Afslager/Pemandu Lelang. Lelang kali ini dilakukan secara konvensional dimana peserta lelang harus menyetorkan uang jaminan dan harus hadir pada saat penawaran lelang.

Lelang dibuka Kepala KPKNL Pamekasan, Harmaji yang dalam sambutannya mengatakan, “Lelang sudah ada sebelum Indonesia merdeka jadi sejak jaman Kolonial Hindia Belanda sudah ada. Lelang kali ini adalah lelang sukarela yang bertujuan untuk memperingati 110 tahun Vendu Reglement  dan  sebagai edukasi masyarakat di wilayah Madura untuk menggunakan lelang sebagai instrument jual beli. KPKNL Pamekasan akan terus meningkatkan pelayanan dan memberikan kemudahan dalam pelayanan lelang masyarakat, dengan moto lelang Aman, Unggul dan Terpercaya.

Lebih lanjut Harmaji menyampaikan rangkaian kegiatan peringatan 110 tahun pelaksanaan lelang di Indonesia sudah dimulai dengan Talk Show di radio Karimata yang bekerja sama dengan BRI Cabang Pamekasan, kemudian Jalan Sehat dan pasang 110 tahun Edukasi Lelang di Aloon Aloon Arek Lancor sejak Minggu (25/2).

Proses lelang berlangsung menarik, dimana 30 peserta lelang yang hadir saling bersaing memberikan penawaran tertinggi. Persaingan berlangsung ketat terutama untuk barang-barang yang memiliki banyak peminat. Suasana tampak tegang ketika peserta mulai terbawa emosi untuk melakukan penawaran, sehingga barang terjual diatas harga pasaran. Pemandangan ini menjadi tontonan yang menarik bagi semua pengunjung yang hadir, karena mereka ikut merasakan ketegangan proses pelelangan walaupun mereka tidak ikut menawar. Suasana semakin riuh ketika lelang yang seru ini berakhir dengan kemenangan salah satu peserta lelang.

Hal ini menjadi pengalaman yang sangat menarik bagi peserta lelang yang sebagian besar baru pertama kali mengikuti proses lelang. Agar tidak tegang pelaksanaan lelang dihibur dengan music electone dan penyanyi.

Pemenang lelang pulang dengan membawa barang yang dimenangkannya, dan sebagian peserta lelang pulang dengan tangan hampa. Meskipun demikian, pelaksanaan lelang kali ini tetap memberi warna tersendiri bagi seluruh peserta yang merasakan sensasi betapa menariknya mengikuti proses pelelangan. (teks & photo dian)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini