Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Tantangan Lelang Kayu Di Pamekasan
Dian Novianto Prihantono
Kamis, 30 November 2017   |   223 kali

Pamekasan - Kondisi lelang kayu di Pamekasan tidak sesuai yang diharapkan, hal ini terlihat dari pelaksanaan lelang yang dilaksanakan Pejabat Lelang KPKNL Pamekasan Arasmin Simamora, SE di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendapatan Propinsi Jawa Timur, Jalan Stadion No. 40 A Pamekasan, Selasa (28/11). Kegiatan lelang kayu atas permintaan Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Komersial Kayu II Jawa Timur Perum Perhutani Divisi Komersial Kayu Surabaya ini hanya dihadiri satu orang pembeli saja.

Kepala KPKNL Pamekasan, Harmaji memantau langsung proses lelang yang juga dihadiri Pejabat Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Komersial Kayu II Jawa Timur selaku penjual serta Pejabat Dinas Pendapatan Propinsi Jawa Timur.

Lelang kali ini hanya dapat menjual kayu Sono Keling dengan harga Rp123,2 juta yang dimenangkan Saudara Didin selaku pembeli tunggal. Tantangan pelaksanaan lelang kayu hasil hutan yang dirasakan semakin kecil hasilnya dikarenakan adanya sistem penjualan kayu secara “online” oleh Perhutani, sehingga pembeli cenderung melakukan pembelian secara online karena memperoleh kayu yang lebih bagus dengan kecenderungannya harga yang lebih murah.

Kedepannya  diharapkan ada regulasi yang mengatur secara jelas batasan kayu yang dapat dijual secara online, sehingga tidak mengurangi potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) setempat dan PNBP berupa bea lelang.

Harmaji mengatakan perlunya dilakukan terobosan dalam setiap pelaksanaan lelang kayu agar dapat terjual secara maksimal.Agar hasil lelang  kayu dapat lebih maksimal lagi maka sebaiknya lelang diadakan di Kabupaten Bangkalan. Dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari Surabaya diharapkan para pembeli kayu bersedia hadir di Bangkalan, katanya.

Pihak Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Komersial Kayu II Jawa Timur dan pihak Dinas Pendapatan Propinsi Jawa Timur secara lisan menyetujui untuk pelaksanaan lelang kayu untuk wilayah kerja KPKNL Pamekasan tahun depan dapat dilaksanakan di Bangkalan. (Tim HI KPKNL Pamekasan)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini