Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palu > Berita
Sinergi BRI, KPKNL Palu, dan BPN Demi Lelang Efisien dan Optimal
Angger Dewantara
Jum'at, 23 September 2022   |   92 kali

Palu (22/09/2022), Bank Rakyat Indonesia (BRI) se-Sulawesi Tengah menyelenggarakan kegiatan pertemuan dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palu dan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Sulawesi Tengah. Kegiatan tersebut bertajuk Sinergi BRI, KPKNL, dan BPN Dalam Mencapai Kinerja Lelang yang Efektif dan Efisien.

Pada kegiatan yang dihelat pada Aula Pertemuan, Best Western, Kota Palu tersebut, Pimpinan cabang BRI Palu, Rits Jacobus menyampaikan, “Pertemuan kita dalam kesempatan ini selain sebagai wadah silaturahmi, namun juga untuk menyamakan persepsi terkait seluruh persyaratan dan proses yang harus dipenuhi agar pelaksanaan lelang eksekusi dapat berjalan lancar dengan berdasarkan peraturan yang berlaku.”

Rits juga menyampaikan capaian progres lelang yang diselenggarakan BRI dari masing-masing cabang di Sulawesi Tengah. Dari capaian tersebut diperoleh informasi bahwa BRI Cabang Palu memiliki frekuensi dan capaian pokok lelang tertinggi. Sementara sampai saat ini, BRI Cabang Morowali masing belum pernah mengajukan lelang agunan terhadap KPKNL Palu. Namun, saat ini telah diproyeksikan rencana pengajuan lelang agunan kepada KPKNL Palu.

Krisdianto, Kepala KPKNL Palu yang juga turut hadir menyampaikan bahwa hingga saat ini BRI merupakan salah satu mitra dengan performa kerjasama yang baik dengan capaian total pokok lelang mencapai Rp5,8 Miliar dan tentu diikuti dengan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) sejumlah RP250 Juta.

“Kami sangat mengapresiasi kinerja kerjasama bersama BRI, selain menjadi mitra yang baik, namun juga menjadi mitra yang turut mendukung penyelenggaraan lelang yang akuntabel. Kami pun memahami bahwa lelang merupakan opsi terakhir bagi bank untuk menurunkan loan, untuk itu kami harap bagi BRI Cabang selain Palu meskipun capaian lelang tidak menjadi yang tertinggi, namun juga menjadikan arti yang positif karena sedikitnya jumlah debitur yang wan-prestasi," ujar Krisdianto.

Handika, Pejabat Fungsional Pelelang Pemerintah Muda KPKNL Palu juga turut menyampaikan aturan terkini yang berlaku dalam penyelenggaraan lelang agar dapat diikuti dan dipenuhi oleh seluruh pihak yang berkepentingan terhadap lelang. Acara dilanjutkan dengan pemaparan juga terkait beberapa syarat dari BPN yang harus dipenuhi oleh BRI untuk kelengkapan yang diperoleh dari BPN.

Penulis : Tim Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Palu 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini