Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palu > Berita
Gali Potensi di Gebyar UMKM 2022, Durian Palu Jadi Favorit Masyarakat Sulteng
Angger Dewantara
Jum'at, 19 Agustus 2022   |   373 kali

Palu - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palu hadir dalam acara Pembukaan Gebyar UMKM 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Tengah pada Jumat, (19/8) di Gedung PLUT-KUMKM Kota Palu.


Acara yang dibuka oleh Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah Ma’mun Amir tersebut dihadiri oleh undangan yang terdiri dari instansi perbankan, pemerintah pusat, pemerintah daerah, PT Pegadaian, dan tentunya pelaku Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM) di Provinsi Sulawesi Tengah.


Dalam sambutannya, Ma’mun Amir menyampaikan bahwa kegiatan Gebyar UMKM ini diselenggarakan pada waktu yang tepat, selain bertepatan pada peringatan hari UMKM Nasional, semangat peringatan dirgahayu RI pun masih terasa. "Saya berharap semangat tersebut menular bagi seluruh instansi pemerintah maupun perbankan yang juga turut andil dalam pembinaan terhadap UMKM,” tuturnya.


Pada kegiatan tersebut, Kepala KPKNL Palu Krisdianto turut hadir membawa program pengembangan UMKM Kolaborasi Lelang UMKM Digital (KOLEGIAL). Ia juga mengambil kesempatan berbincang dengan Wakil Gubernur dan menjelaskan harapan, progres dan output yang berhasil dicapai KPKNL Palu pada program KOLEGIAL tersebut.


“Acara ini merupakan hanya rangkaian dari peringatan Hari Nasional UMKM, saya berharap makin banyak pihak terlibat untuk memajukan UMKM. KPKNL Palu pun siap berkontribusi dan membantu dalam hal pemasaran dan penjualan produk UMKM melalui platform Lelang Indonesia milik Kementerian Keuangan,” ujar Krisdianto.


Berdasarkan informasi yang dihimpun, KPKNL Palu telah berhasil melakukan penjualan produk UMKM melalui mekanisme lelang hingga mencapai Rp40 jutaan hingga Agustus 2022 ini. Pada pelaksanaan lelang Agustus, KPKNL Palu menyematkan produk durian dalam lelangnya dan semuanya berhasil habis terjual.

Krisdianto mengutarakan produk durian Palu memang sudah terkenal dikalangan masyarakat luas. “Pada periode awal lelang durian ini kami sudah melakukan pengiriman durian hingga mencapai lebih dari 30 kilogram kepada pembeli di berbagai daerah di Indonesia,” ungkapnya.


Ia juga berharap capaian ini menjadi motivasi kepada seluruh pelaku UMKM lainnya agar berminat menjual produknya melalui platform Lelang Indonesia yang dapat diakses melalui laman www.lelang.go.id dan aplikasi android ‘Lelang Indonesia.


Hadir bersama Krisdianto, Ketua panitia KOLEGIAL Tegar yang menuturkan bahwa kegiatan ini memberikan ruang bagi KPKNL Palu, untuk menggali lebih banyak pelaku usaha UMKM yang penjualan dan pemasarannya dapat dilakukan melalui mekanisme lelang.

 

“Banyak pelaku usaha UMKM dari mulai kerajinan, makanan olahan, hingga penjual durian khas Palu yang terkenal. Saya berharap dapat bekerjasama dengan pelaku-pelaku usaha ini pada program KOLEGIAL ini,” kata Tegar. (Penulis : Tim Seksi Hukum dan Informasi)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini