Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palu > Berita
Serah Terimakan 1.081 Sertipikat BMN, KPKNL Palu Selangkah Lebih Dekat Capai Target Tahun 2022
Abd. Choliq
Kamis, 16 Juni 2022   |   151 kali

Palu – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palu bersama Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Kanwil DJKN Suluttenggomalut) menghadiri acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Sulawesi Tengah yang dilaksanakan pada Selasa, (14/6) di Hotel Santika Palu Jalan Moh. Hatta No.18, Lolu Utara, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu, Sulawesi Tengah pukul 19.00 WITA.

 

Dalam rangkaian Rakerda tersebut terdapat kegiatan penyerahan sertipikat tanah dari program Pensertipikatan BMN Berupa Tanah Tahun 2022. Sertipikasi BMN ini merupakan program lintas instansi yang melibatkan KPKNL Palu, Kanwil DJKN Suluttenggomalut, Kanwil BPN Provinsi Sulawesi Tengah dan seluruh Kantor Pertanahan yang berada di bawahnya sebagai bentuk pelaksanaan Peraturan Bersama Menteri Keuangan Republik Indonesia dan Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 186/PMK.06/2009/24 Tahun 2009 tentang Pensertipikatan Barang Milik Negara Berupa Tanah.

 

Sesuai dengan Nota Kesepakatan Penetapan Daftar Nominatif Pensertipikatan Barang Milik Negara Berupa Tanah Tahun 2022 Pada Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sulawesi Tengah Nomor NK-27/NOMINATIF/2022 tanggal 29 Desember 2021 telah disepakati target nominatif bidang tanah di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah yang akan disertipikatkan melalui program percepatan pensertipikatan Barang Milik Negara berupa tanah pada tahun 2022 sebanyak 2.778 bidang

 

Kegiatan Rakerda ini dihadiri oleh perwakilan dari KPKNL Palu, Kanwil DJKN Suluttenggomalut, Kanwil BPN Provinsi Sulawesi Tengah, Seluruh Kantor Pertanahan di Provinsi Sulawesi Tengah dan 11 Satuan Kerja yang menjadi peserta kegiatan Sertipikasi BMN Berupa Tanah tahun 2022.

 

11 satuan kerja tersebut adalah Dinas Perkebunan Dan Peternakan Provinsi Sulawesi Tengah, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XIV Palu, Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu, Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Sulawesi Tengah, Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Sulawesi Tengah, Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah III Sulawesi Tengah, Kepala Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas II Luwuk Banggai, Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Pagimana, Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Poso, dan  Komandan Detasemen Zeni Bangunan 2/XIII Palu.

 

Objek sertipikasi yang diserahkan sebanyak 1.081 bidang dari target sejumlah 2.778 bidang. Acara ini termasuk dalam rangkaian penyerahan sertipikat BMN dalam memenuhi target capaian sertipikasi BMN di tahun 2022 sebanyak 1.081 bidang, dengan rincian:

1.  Sertipikat atas nama Pemerintah Republik Indonesia Cq. Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat sebanyak 1.069 bidang;

2.      Sertipikat atas nama Pemerintah Republik Indonesia Cq. Kementerian Pertahanan Indonesia sebanyak 4 bidang;

3.      Sertipikat atas nama Komisi Pemilihan Umum sebanyak 1  bidang;

4.      Sertipikat atas nama Pemerintah Republik Indonesia Cq.Kementerian Perhubungan sebanyak 2  bidang;

5.      Sertipikat atas nama Pemerintah Republik Indonesia Cq. Kementerian Pertanian Republik Indonesia sebanyak 2 bidang

6.      Sertipikat atas nama Pemerintah Republik Indonesia Cq. Kementerian Agama sebanyak 2 bidang

7.      Sertipikat atas nama Pemerintah Republik Indonesia Cq. Kementerian Kelautan dan Perikanan sebanyak 1 bidang

 

Penyerahan sertipikat BMN sebanyak 1.081 bidang tersebut diserahkan oleh Kanwil BPN Sulteng kepada Satuan Kerja Dinas Perkebunan Dan Peternakan Provinsi Sulawesi Tengah, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XIV Palu, Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu, Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Sulawesi Tengah, Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Sulawesi Tengah, Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah III Sulawesi Tengah, Kepala Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas II Luwuk Banggai, Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Pagimana, Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Poso, dan Komandan Detasemen Zeni Bangunan 2/XIII Palu dengan disaksikan langsung oleh Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut, Arif B. Yuwono, Kepala KPKNL Palu, Krisdianto, dan seluruh Kepala Kantor Pertanahan di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah.

 

"Semoga koordinasi dan sinergi antara KPKNL Palu, Kanwil BPN Provinsi Sulteng, Kantor Pertanahan, dan Satuan Kerja dalam pencapaian target sertipikasi BMN berupa tanah tahun 2022 tetap terjalin dengan baik karena keberhasilan adalah tujuan kita bersama. Kesuksesan yang sesungguhnya hanya datang pada mereka yang siap menerimanya," ujar Kepala KPKNL Palu Krisdianto.

 

Dengan semangat KAILI “Kami Ikhlas Melayani”, KPKNL Palu berkomitmen untuk mendukung penuh Program Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Untuk itu, jangan beri kami janji atau barang dalam bentuk apapun, karena seluruh pegawai telah dibayar oleh negara untuk melayani tanpa korupsi dan gratifikasi.


Penulis: Tim Seksi Hukum dan Informasi dan Seksi PKN KPKNL Palu

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini