Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palu > Berita
Lelang Aset BMD, Sebagai Transparasi dan Akuntabilitas Pemprov Sulteng
Angger Dewantara
Jum'at, 08 April 2022   |   172 kali

Palu (7/04/2022) - Sejumlah 49 lot lelang yang memuat kendaraan bermotor, dan 1 paket scrapt Barang Milik Daerah (BMD) Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Pemprov Sulteng) dilelang oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palu.

 

Lelang  ini dilangsungkan di gudang penyimpanan milik Pemprov Sulteng, di Jl. Soekarno Hatta, Kota Palu. Kegiatan dibagi dalam 3 tahap dari pukul 13.00 hingga 15.00 WITA dan berlangsung melalui mekanisme open bidding. Lelang dipimpin oleh 3 Fungsional Pejabat Lelang, Jahantus Banjarnahor, Ardat, dan Yosival. Lelang dihadiri pula oleh Pj. Sekretaris Daerah Ir. Moh. Faisal Mang, MM beserta jajaran pejabat pada Pemprov Sulawesi Tengah dan juga masyarakat umum.

 

Sehari sebelum pelaksanaan lelang (6/04/2022) pada kegiatan Aanwijzing, Pj. Sekretaris Daerah membacakan sambutan Gubernur Sulawesi Tengah untuk membuka kegiatan, "Barang Milik Daerah (BMD) adalah salah satu komponen penting guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan untuk pelayanan masyarakat yang prima. Kami menyampaikan ucapan terimakasih dan mengapresiasi atas terselenggaranya Sosialiasi dan Pelaksanaan Lelang, guna meningkatkan sinergitas semua pihak terkait pengelolaan BMD khususnya dengan Kementerian Keuangan Republik Indonesia."

 

Menurut keterangan Umi selaku pelaksana pembantu pejabat lelang KPKNL Palu, bahwa total nilai limit barang yang laku pada lelang tersebut mencapai Rp1,45 M dan berhasil laku dengan kenaikan harga senilai Rp2,2 M, kenaikan harga mencapai 150% lebih.

 

Jahantus menyampaikan, "Kami sangat senang dalam proses lelang BMD ini banyak masyarakat antusias dan hadir pada kesempatan ini. Selain sebagai sarana kami memperkenalkan lelang kepada seluruh lapisan masyarakat, Lelang ini juga sebagai bentuk pertanggungjawaban pemerintah daerah kepada masyarakat umum yang transparan."

 

Ardat juga menambahkan, "Kami sebelumnya cukup optimis terhadap hasil pelaksanaan lelang jika melihat animo masyarakat yang hadir dan bertanya. Terlebih Pemprov Sulteng juga memajang objek lelang sehingga menjadi daya tarik masyarakat tersendiri. Kami juga dengar, bahkan beberapa kepada dinas turut menjadi peserta dalam lelang ini."

 

Selanjutnya, KPKNL Palu saat ini sedang dalam proses menerima pelunasan dari pihak pemenang lelang hingga 5 hari kerja sejak dimulainya lelang. Tidak lupa pada kesempatan tersebut KPKNL Palu juga menekankan terkait semangat pelayanan dengan motto KAILI "Kami Ikhlas Malayani", dan berkomitmen dalam memberikan pelayanan denganmendukung pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani serta himbauan agar waspada terhadap banyaknya praktik penipuan berkedok lelang yang mengatasnamakan Kementerian Keuangan. Yosifal menerangkan, "Lelang Kementerian Keuangan hanya melalui platform Lelang Indonesia yang bisa diakses melalui Playstore (Android) dan laman lelang.go.id."

 

Penulis : Tim Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Palu.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini