Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palu > Berita
114 Tahun Lelang Indonesia, Lelang untuk UMKM di Seluruh Sulawesi Tengah
Angger Dewantara
Kamis, 24 Maret 2022   |   204 kali

(24/03) Palu - Program lelang produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang diselenggarakan oleh seluruh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) di Indonesia dibuka pada acara yang bertajuk 'Gebyar Lelang UMKM 2022'. Acara tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Lelang, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) secara daring, serta program lelang produk UMKM juga dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Rionald Silaban.

 

Bersamaan dengan acara tersebut, KPKNL Palu turut melaksanaan lelang produk UMKM yang turut menghadirkan sejumlah pihak diantaranya dari pelaku usaha UMKM, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Palu, dan Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BRSPDI) Nipotowe sebagai penjual produk UMKM. Lelang dilangsungkan secara online melalui laman www.lelang.go.id dan aplikasi Lelang Indonesia yang bisa diunduh mellaui perangkat android.

 

Total jumlah produk/lot lelang produk UMKM yang berhasil laku dilelang oleh KPKNL Palu mencapai 34 lot barang dengan nilai mencapai 6 jutaan rupiah. Terdiri dari berbagai macam produk, dari mulai produk kerajinan rotan, kayu hitam, kain batik, tenun, pakaian, hingga produk makanan. Berdasarkan keterangan, khusus lelang produk UMKM ini dilaksanakan tanpa peserta wajib menyetorkan uang jaminan tersebut. Sehingga diharapkan akan lebih memberi kemudahan bagi calon pembeli lelang.

 

Kepala KPKNL Palu, Krisdianto  menyinggung bahwa program Gebyar Lelang UMKM 2022 ini merupakan dalam rangka memperingati 114 tahun lelang indonesia.


"Apresiasi yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada seluruh pihak yang turut menyukseskan program lelang produk UMKM ini, DJKN pada program ini bermaksud untuk menyemarakan platform lelang agar dapat dimanfaatkan lebih luas lagi, yaitu kepada pelaku usaha UMKM," kata Krisdianto. 

 

Syarifudin, perwakilan dari pihak Dekranasda Kota Palu juga menyampaikan testimoninya terhadap acara ini.


"Program ini sangat baik, dan kami selaku juga organisasi yang menaungi UMKM khususnya di Kota Palu sangat support program ini, kami harap tercipta sinergi, sehingga bisa sama-sama  memajukan pelaku UMKM melalui lelang ini." katanya.

 

Tegar O.Z, ketua panitia program lelang produk UMKM KPKNL Palu menyatakan untuk selanjutkan akan meningkatkan koordinasi dengan Dekranasda Provinsi Sulawesi Tengah, untuk memudahkan KPKNL dalam menjangkau pelaku UMKM di Wilayah Sulawesi Tengah.


"Lelang produk UMKM akan dilaksanakan setiap bulan sepanjang tahun 2022 ini. Untuk itu, kami harap kami bisa menjalin kerjasama yang lebih luas lagi bahkan ke seluruh wilayah provinsi Sulawesi Tengah." ujarnya.




Penulis : Tim Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Palu

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini