Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palu > Berita
Rekonsiliasi secara Mandiri dengan Menggunakan aplikasi SIMAN
Ikhwan Akhirudin
Selasa, 10 Juli 2018   |   1737 kali

KPKNL Palu melaksanakan rekonsiliasi Data BMN Semester I Tahun 2018, bertempat di front office APT kantor yang berlokasi di Jalan Prof. Moh. Yamin No. 55 Palu. Kegiatan ini merupakan agenda rutin tiap semester dan dilaksanakan serentak oleh seluruh unit vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). Kegiatan rekonsiliasi BMN KPKNL Palu dilaksanakan mulai tanggal 2 Juli s.d. 10 Juli 2018 dengan jumlah Satuan Kerja (satker) sebanyak 600 yang berwilayah di Sulawesi Tengah.

Rekonsiliasi adalah proses pencocokan data transaksi keuangan yang diproses dengan
beberapa sistem/subsistem yang berbeda berdasarkan dokumen sumber yang sama. Hasil Rekonsiliasi dituangkan dalam Berita Acara Rekonsiliasi (BAR) yang ditandatangani oleh Pejabat penanggungjawab rekonsiliasi atas nama Kuasa Pengguna Barang dan Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL. Rekonsiliasi BMN Semester I TA 2018 dilakukan dengan menggunakan aplikasi SIMAN (Sistem Informasi Manajemen Aset Negara) Versi 3.1.2.

Terkait pelaksanaan rekonsiliasi BMN Semester I TA 2018, KPKNL Palu menghimbau agar satuan kerja memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

a. Rekonsiliasi BMN dilakukan secara mandiri oleh satuan kerja dengan menggunakan aplikasi SIMAN;

b.  Proses sinkronisasi saldo SIMAK-SIMAN yang dilakukan serentak secara nasional akan mengakibatkan padatnya lalu lintas pengiriman data secara elektronik pada server, sehingga memungkinkan terjadinya antrian yang cukup lama pada periode rekonsiliasi. Untuk itu apabila seluruh transaksi pada aplikasi Persediaan dan Aplikasi SIMAK BMN telah selesai diinput dan tidak ada perubahan, disarankan agar proses sinkronisasi saldo aplikasi SIMAK-SIMAN pada satuan kerja dilakukan sebelum periode rekonsiliasi semester I 2018 dimulai.

Walaupun proses rekonsiliasi dapat dilakukan secara online, namun beberapa operator SIMAK tetap datang ke KPKNL Palu. Mereka membutuhkan bimbingan teknis terkait pelaksanaan rekonsiliasi BMN dan berkonsultasi terkait permasalahan yang muncul dalam pengoperasian aplikasi SIMAK BMN dan SIMAN.  

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini