Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palu > Berita
BMN Award dan Sertifikasi KPKNL Palu 2017
N/a
Minggu, 12 Februari 2017   |   442 kali

Palu-Kamis, 9 Februari 2017 bertempat di Ballroom Hotel Mercure diselenggarakan BMN Awards dan Sertipikasi BMN diwilayah Sulawesi Tengah. Acara dihadiri oleh Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut Ferdinan Lengkong, serta Kakanwil BPN Sulawesi Tengah Lahamusen. Acara diawali oleh laporan dari Panitia yang pada kesempatan tersebut Kepala KPKNL Palu Theo Aloysius Kaparang.

Kepala KPKNL Palu menyampaiakan bahwa kegiatan BMN Awards sebagai bentuk penghargaan kepada Satker dalam melakukan pengelolaan BMN. Diharapkan para satker yang meraih BMN Awards ini dapat menjadi contoh dan motivasi tersendiri bagi satker-satker lain diwilayah Sulawesi Tengah.

Acara dilanjutkan dengan Sambutan Kepala Kantor Wilayah Sulutenggomalut Ferdinan Lengkong sekaligus membuka acara BMN Awards dan Sertipikasi BMN. Dalam sambutaannya Ferdinan Lengkong menyampaikan bahwa pengelolaan BMN yang optimal pada satker akan membantu mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK. Sekarang ini aset menjadi perhatian utama dari BPK.

Selain itu pengelolaan BMN yang optimal dapat meningkatkan PNBP. Ini merupakan amanat dari Menteri Keuangan agar BMN dimanfaatkan sebaik mungkin agar dapat menghasilkan PNBP yang optimal “ujar Kakanwil DJKN Suluttenggomalut”. Pada kesempatan tersebut Kakanwil DJKN Ferdinan Lengkong juga menyampaikan agar Satker yang memiliki aset yang tidak digunakan atau idle agar diserahkan ke Pengelola barang agar dapat dimanfaatkan.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan BMN Award. Pada kesempatan ini BMN Awards dibagi menjadi 2 (dua) yaitu tingkat Satker (UAKPB) dan Korwil (UAPBW).

Setelah pemberian Piagam BMN Awards acara dilanjutkan dengan pemberian secara simbolis sertifikat tanah kepada PJN Wilayah I Sulteng, Denzibang 2/VII Palu, dan TVRI Sulteng. Setelah itu dilanjutkan pemaparan sertipikasi BMN oleh Kabid PKN Kanwil DJKN Suluttenggomalut Rahmad Mahsan. Pada kesempatan tersebut Kabid PKN menyampaikan bahwa target sertipikasi telah ditentukan yaitu 100 bidang tanah yaitu 50 untuk PJN Wilayah III sulteng dan 50 untuk PJN Wilayah I Sulteng, akan tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi perubahan jika ada satker yang sudah siap melakukan sertipikasi.

Untuk itu kabid PKN Kanwil DJKN Suluttenggomalut menghimbau agar satker yang telah siap melakukan sertipikasi untuk segera berkoordinasi dengan KPKNL Palu. Setelah pemaparan dari Kabid PKN Kanwil DJKN Suluttenggomalut acara dilanjutkan dengan penanda tanganan Berita Acara penetapan target Sertipikasi BMN oleh Kanwil DJKN Sulutenggomalut Ferdinan Lengkong dan Kepala Kanwil BPN Sulteng Lahamusen. Acara ditutup dengan pemberian kiat-kiat pengelolaan BMN yang optimal dari perwakilan pemenang BMN Awards yang diwakili oleh Polda Sulteng dan Kanwil KemenkumHAM Sulteng dan dilanjutkan ramah tamah dengan makan bersama tamu undangan.

Berikut adalah penerima BMN Awards Tingkat Satker (UAKPB) :
1. Kategori Pengelolaan dan wasdal :
Juara I  : Kantor  kesehatan Pelabuhan Poso
Juara II : Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio Palu
Juara III : Satker PJSA wilayah Sulawesi III
2. Kategori Penata Usahaan dan Sertipikasi :
Juara I : LPP RRI Palu
Juara II : PN Poso
Juara III : Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio Palu
3. Kategori Peningkatan Tata Kelola berkesinambungan :
BKPH Wilayah XVI Palu
4. Kerjasama tata kelola antar K/L :
Polda Sulteng
Penerima BMN Awards Untuk tingkat Korwil (UAPBW) :
1. Kategori Pengelolaan dan wasdal :
Juara I  : Pengadilan Tinggi Agama Palu
Juara II : Kanwil BPH Prov Sulteng
Juara III : Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu
2. Kategori Penata Usahaan dan Sertipikasi :
Juara I : BPKH Wilayah XVI Palu
Juara II : UPBU Kelas I Mutiara Sis Al Jufri
Juara III : Kanwil KemenkumHAM Prov Sulteng
3. Kategori Peningkatan Tata Kelola berkesinambungan :
Polda Sulteng
4. Kerjasama tata kelola antar K/L :
BPK RI perwakilan Sulawesi Tengah.

 (Berita/foto : Mahendra/Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini