Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Palu
Artikel DJKN

Pandemi Covid-19, Hadapi dengan Imun Rohani, Imun Sosial, dan Imun Fisik

Senin, 15 Juni 2020   |   823 kali

Serangan wabah corona virus disease 2019 atau yang dikenal dengan sebutan Covid-19 kini memicu kekhawatiran hampir sebagian besar populasi manusia di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Menjaga imunitas tubuh merupakan salah satu hal penting untuh mencegah kita terjangkit Covid-19.

Setelah kita ber-mujahadah (memerangi/melawan) maksimal untuk terhindar darinya, hal yang tak kalah penting dari menjaga kesehatan tubuh adalah dengan membangun motivasi dan harapan khususnya di masa-masa sulit sekarang ini.

Beberapa ahli dan public figure berpendapat dalam menghadapi penyebaran wabah virus ini, tidak hanya melalui persiapan fisik namun juga persiapan batin atau rohani. Seperti yang dikutip dari Kumparan, dr. Zaidul Akbar, dokter yang juga praktisi kesehatan Jurus Sehat Rasulullah , kekuatan fisik diawali oleh kekuatan jiwa/rohani seseorang. Kekuatan rohani membuat daya tahan tubuh mengikuti sistem alami yang telah diatur oleh Tuhan untuk masing-masing individu.

Seorang entrepreneur dan motivator, Merry Riana, juga membagikan tips dan pesan untuk membangun motivasi dan harapan saat masa pandemi Covid-19. Ia  publikasikan dalam kanal Youtube Badan Penanggulangan Bencana Nasional. Selain jaga imun, kita juga harus  menjaga iman, menjaga harapan, dan yang paling penting menjaga pikiran. Menurutnya, masker kain saja atau disinfektan itu tidak cukup untuk membuat kita tetap sehat. Setiap orang harus bisa membatasi pikiran-pikiran buruk yang sering kali muncul saat kondisi sekarang ini.

Sedangkan menurut Ust. Abdurrahman Muhammad, Pimpinan Umum Hidayatullah, kita perlu menjaga tiga imunitas dalam menghadapi wabah Covid-19 yaitu imunitas rohani, imunitas sosial, dan imunitas fisik. Hal ini sangatlah menarik. Penjelasan tiga imunitas tersebut, sebagai berikut:

1. Imunitas Rohani

Imunitas Rohani yakni dengan memanfaatkan lockdown  ini dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah. Perbanyak dzikir, mengaji, dan ibadah sunah lainnya. Jika seorang hafiz Quran, maka gunakan waktunya untuk murojaah (mengulang kembali hafalan). Gunakan waktu berdiam di rumah dengan amalan ibadah.

2. Imunitas Sosial

Kemudian imunitas sosial, yakni dengan banyak bersedekah. Jangan ada pribadi yang mencari keuntungan di tengah wabah corona, menimbun barang, dan kikir. Harus banyak berbagi. Kalau beli barang, jangan lupa bagi ke tetangga. Membangun imunitas sosial ini sangat penting di tengah krisis yang masih  melanda. Kita harus menumbuhkan peduli terhadap sesama.

3. Imunitas Fisik

Adapun imunitas yang ketiga adalah imunitas fisik. Dengan memperbaiki dan menjaga imunitas dalam diri masing-masing, akan menghindarkan kita dari potensi tertular wabah. Berolahraga, banyak mengonsumsi vitamin E dan C ,serta banyak makan sayur dan buah, dapat melawan virus corona..

Untuk itu, kita semua dan masyarakat pada umumnya harus  bisa membatasi hal-hal yang membuat kesehatan pikiran melemah di tengah wabah Covid-19. Hal yang  akan membuat kita takut dan ketakutan itulah yang akhirnya justru akan melemahkan iman kita. Akhirnya, membuat situasi kita menjadi jauh tidak lebih baik. Sebaiknya kita semua menjaga imun, jaga iman, jaga harapan, dan jaga pikiran untuk  tetap optimis.

Selama ini, pemerintah Indonesia telah memberlakukan berbagai kebijakan agar Covid-19 tidak lagi merebak di tengah masyarakat. Sudah saatnya kita perkuat iman dan takwa, kesehatan jiwa dan raga. Hingga kini, pemerintah atau lembaga lain juga terus mengadakan aksi medis mulai dari edukasi, pembagian alat kesehatan, hingga Operasi Pangan Gratis untuk meminimalisasi permasalahan wabah Covid-19.

Kamu peduli, kita peduli, semua peduli dengan pandemi yang terus menyebar di berbagai negara di dunia. Bersama, kita atasi Covid-19 dan selamatkan saudara semua.

Mari kita amalkan doa setiap hari guna dijauhkan dari mara bahaya dan semoga Covid-19 cepat berlalu dari negeri tercinta ini, bumi Indonesia. Amin.

Penulis: Tim Seksi Hukum dan Informasi, KPKNL Palu

Referensi:

Kumparan.com “Sehat Di Tengah Pandemik Ala Zaidul Akbar”. 10 April 2020 (Diakses 15 Juni 2020). diakses dari https://kumparan.com/optimizer-act/sehat-di-tengah-pandemik-ala-zaidul-akbar-dan-act-1tC8xuijISe

Tribunnews.com “Memelihara Harapan Di Tengah Pandemi Corona, Merry Riana: Jaga Imun, Jaga Iman, dan Jaga Pikiran”. 20 April 2020 (Diakses 15 Juni 2020). diakses dari https://www.tribunnews.com/nasional/2020/04/20/memelihara-harapan-di-tengah-pandemi-corona-merry-riana-jaga-imun-jaga-iman-dan-jaga-pikiran

Integral.sch.id “Hadapi Covid-19 dengan Imun Rohani, Imun Sosial, dan Imun Fisik”. 6 April 2020 (Diakses 15 Juni 2020). diakses dari https://www.integral.sch.id/artikel-790-PPTQ-AL-Kahfi-Hidayatullah-Solo-Adakan-MHQ-Internal.html?pilih=news&modul=yes&aksi=lihat&id=859 

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Kontak
Jl. Prof. Moh. Yamin No. 55 Palu - Sulawesi Tengah
(0451) 8202737
-
kpknlpalu@kemenkeu.co.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |