Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palopo > Berita
Tuntaskan Sertipikasi BMN, KPKNL Palopo Undang Satker dan Kantor Pertanahan
Rahmat Ibnu Wibowo
Rabu, 21 September 2022   |   79 kali

Pada Kamis (15/09) KPKNL Palopo menggelar Rapat Koordinasi Penuntasan Pensertipikatan BMN Berupa Tanah Tahun 2022. Bertempat di ruang rapat KPKNL Palopo, acara dilaksanakan dari mulai pukul 10.00 sampai dengan pukul 12.00 WITA. Acara dibuka oleh Syukur Setiawan, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, dan kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Ya'kub, Kepala KPKNL Palopo. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh satker di dalam wilayah kerja KPKNL Palopo yang bidang tanahnya menjadi target sertipikasi pada tahun 2022, yaitu satker IAIN Palopo, Mtsn Palopo, KPPN Palopo, Rutan Kelas II B Makale, UPP Palopo, Pengadilan Agama Palopo, IAKN Toraja, dan Polres Luwu. Adapun Kantor Pertanahan yang hadir adalah perwakilan dari Kantor Pertanahan Kota Palopo, Kantor Pertanahan Kabupaten Luwu, dan Kantor Pertanahan Kabupaten Luwu Timur.

Dalam sambutannya Kepala KPKNL Palopo, Ya'kub menegaskan pentingnya sertipikasi BMN dalam kerangka pengelolaan Barang Milik Negara. Bahwa prinsip dalam pengelolaan BMN adalah mewujudkan tertib fisik, tertib administrasi serta tertib hukum pengelolaan BMN. Adapun sertipikasi BMN ini merupakan salah satu bentuk tertib hukum, sehingga mutlak harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. 

Pada kesempatan ini, satker meyampaikan hal-hal atau persyaratan-persyaratan yang belum bisa dipenuhi, yang dapat menjadi kendala dalam proses sertipikasi. Di sisi yang lain, perwakilan Kantor Pertanahan yang hadir juga memberikan penjelasan dan arahan dalam rangka penyelesaian permasalahan-permasalahan tersebut. Adapun KPKNL Palopo memiliki peran penting melakukan pendampingan bagi satker, sekaligus mengawal proses yang ada di Kantor Pertanahan guna memastikan proses penerbitan sertipikat BMN tersebut berjalan lancar. Melalui acara tersebut diharapkan dapat tercipta koordinasi aktif baik antara satker dengan KPKNL Palopo, maupun dengan Kantor Pertanahan terkait sehingga program sertipikasi BMN di wilayah kerja KPKNL Palopo dapat selesai dengan tuntas.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini