Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palopo > Berita
Asistensi Persiapan WBK bersama KPKNL Malang
Khairurrijal Ibrahim
Rabu, 23 Maret 2022   |   125 kali

Rabu 23 Maret 2022dalam rangka persiapan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (ZI WBK), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palopo mengadakan kegiatan asistensi dan sharing knowledge atas keberhasilan KPKNL Malang dalam Pembangunan ZI-WBK 2021. Kegiatan dilaksanakan secara hybrid yaitu luring serta daring menggunakan media aplikasi zoom meeting, dimulai dari pukul 10.00 sampai dengan 12.30 WITA. Kegiatan menghadirkan Kepala Seksi Hukum dan Informasi (HI) KPKNL Malang, Iva Nurdianah sebagai narasumber .

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Kepala KPKNL Palopo Ya’kub, beliau menjelaskan bahwa asistensi ini merupakan bentuk sinergi dan sudah sepatutnya kita belajar dari kantor yang telah memenuhi persyaratan menuju ZI WBK, dan demi tidak terjadinya asimetri informasi. Selanjutnya acara inti diisi oleh Kepala Seksi HI KPKNL Malang, Iva Nurdianah atau yang biasa akrab dipanggil Iva. Dalam paparannya, beliau mempresentasikan beberapa hal dari KPKNL Malang sehingga dapat meraih predikat WBK, mulai dari profil kantor, area perubahan, mitigasi risiko dan profil pegawai, inovasi apa yang dilakukan, hingga capaian kinerja, serta prestasi atau penghargaan yang telah diraih.

Setelah melakukan pemaparan, dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab dengan jajaran pegawai KPKNL Palopo, salah satu pertanyaan datang dari Kepala Seksi KI, Novian Fatckur Rohman, beliau menanyakan mengenai Nilai Kinerja Organisasi yang dipaparkan pada saat presentasi apakah menggunakan nilai tahun lalu atau sampai dengan tahun berjalan. Pertanyaan ini langsung dijawab oleh Iva, beliau mengatakan nilai yang dipaparkan sampai kuartal terakhir penilaian kinerja.

Selain sesi tanya jawab, Kepala KPKNL Malang, Asep Suryadi menyempatkan waktu untuk memberikan ilustrasi bahwa budaya kerja di Kementerian Keuangan, secara umum sudah memenuhi standar WBK, sehingga pelayanan yang diberikan pada dasarnya adalah business as usual. Namun yang perlu diperhatikan adalah bahwa rencana-rencana kerja yang telah disusun dan dilaksanakan, agar dapat didokumentasikan secara memadai, sebagai pembuktian bahwa standar WBK telah terpenuhi. Beliau juga menjelaskan sedikit pengalaman bahwa ketika mengikuti penilaian WBK, banyak memaanfaatkan penggunaan teknologi informasi namun dengan tetap tidak meninggalkan pelayanan secara tatap muka. Beliau berpesan agar intimacy dengan para stakeholder harus lebih ditingkatkan, sebisa mungkin pelayanan yang diberikan juga melebihi ekspektasi dari pengguna layanan.

Acara ditutup oleh Kepala KPKNL Palopo Ya’kub dengan mengucapkan terima kasih kepada KPKNL Malang atas sharing knowledge yang telah diberikan, dan meminta bantuan kepada Kepala KPKNL Malang beserta jajaran agar bersedia untuk memberikan sharing dan asistensinya secara berkelanjutan baik secara formal maupun informal di kemudian hari. Beliau juga berpesan pada jajaran KPKNL Palopo, bahwa saran-saran yang telah diberikan agar dapat dilaksanakan dalam rangka mewujudkan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi pada KPKNL Palopo.

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini