Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palopo > Berita
Koordinasi Percepatan Sertipikasi Tanah BMN, Kepala KPKNL Palopo Kunjungi Kantah di Kab. Enrekang, Tana Toraja dan Toraja Utara
Ali Hamzah
Senin, 15 Maret 2021   |   207 kali

Selasa, 9 Maret 2021 Kepala KPKNL Palopo Ya'kub melaksanakan Kunjungan Kerja ke Kantor Pertanahan (Kantah) di Kab. Enrekang, Kab. Tana Toraja dan Kab. Toraja Utara. Dalam Kunjungan Kerja kali ini Ya'kub didampingi Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) M. Fajar Nugroho dan Staf Seksi PKN Faisal. Tujuan dari kegiatan ini adalah koordinasi dalam rangka Percepatan Sertipikasi BMN berupa Tanah agar target Sertipikasi tahun 2021 bisa tercapai serta koordinasi terkait pengelolaan BMN pada Kantah terkait.

Pada kunjungan di Kantah Kab. Enrekang, Ya’kub dan rombongan diterima langsung oleh Masli Caniago, Kepala Kantah Kab. Enrekang. Masli mengaku senang Ya’kub dan rombongan dari KPKNL Palopo bisa datang ke Kantah Kab. Enrekang untuk berkoordinasi. Ya’kub menyampaikan pada kunjungan kali ini dia membawa daftar tanah BMN yang ditargetkan tahun 2021 ini selesai proses sertipikasi di mana target untuk Kab. Enrekang ada 44 bidang tanah. Selain membahas soal sertipikasi tanah, turut dibahas pula tentang pengelolaan BMN, khususnya yang digunakan oleh Kantah Kab. Enrekang. Ya’kub menjelaskan bahwa siklus BMN harus berjalan dengan lancar, tidak boleh ada kendala dalam tahap tententu karena jika terjadi ketidaklancaran dalam suatu tahap siklus akan terjadi beberapa masalah di mana salah satunya adalah terkendalanya pelaksanaan tugas dan fungsi (tusi) instansi terkait sebagai pengguna barang. Pernyataan Ya’kub ditanggapi oleh Masli di mana pihaknya berencana melaksanakan penghapusan barang yang sudah rusak dan tidak menunjang tusi kantor yang kemudian prosedur penghapusan dijelaskan oleh Fajar selaku Kepala Seksi PKN.

Selanjutnya masih di hari yang sama Ya’kub dan rombongan melakukan kegiatan serupa pada Kantah Kab. Tana Toraja dan Kantah Kab. Toraja Utara di mana target bidang tanah yang akan disertipikasi pada Kantah Kab. Tana Toraja adalah 58 bidang dan Kantah Kab. Toraja Utara adalah 28 bidang. Dengan adanya kegiatan ini, Ya’kub berharap target Sertipikasi Tanah BMN tahun 2021 di lingkungan KPKNL Palopo khususnya di wilayah Kab. Enrekang, Kab. Tana Toraja dan Kab. Toraja Utara bisa tercapai.

(Teks dan Foto : Ali Hamzah)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini