Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palopo > Berita
KPKNL Palopo Lakukan Penilaian Aset BMD Kabupaten Tana Toraja
Ali Hamzah
Senin, 28 Desember 2020   |   214 kali

KPKNL Palopo telah melaksanakan penilaian aset Barang Milik Daerah (BMD) Kabupaten Tana Toraja pada tanggal 23 Desember 2020. Survey lapangan dilaksanakan selama delapan hari terhitung dari tanggal 13 Desember 2020. Dalam pelaksanakaan penilaian ini, KPKNL Palopo menugaskan dua tim untuk menilai total 39 objek BMD yang tersebar di sebelas kecamatan di Kabupaten Tana Toraja. Tim 1 beranggotakan Yusuf Rombe, Yadi Tri Siswanto, dan Dendi Yudha Satria. Sementara Tim 2 beranggotakan M. Pramodya Wardhana, Marthen Lanteng dan Ali Hamzah. Kedatangan 2 Tim Penilai dari KPKNL Palopo disambut antusias oleh Selpi Paisal selaku Kepala Bidang Aset BPKAD Pemda Kabupaten Tana Toraja.

Penilaian dilaksanakan sebagai tindak lanjut atas temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Toraja Tahun Anggaran 2019 mengenai Aset Tetap Milik Pemerintah Kabupaten Tana Toraja yang belum dicatat dalam Neraca Pemerintah Kabupaten Tana Toraja Per 31 Desember 2019.

Dari total BMD yang dinilai berjenis Tanah, Bangunan, Ruas Jalan, Peralatan dan Mesin, serta Inventaris. BMD tersebut tersebar hingga pelosok wilayah Kabupaten Tana Toraja dengan Kelurahan Butang di Kecamatan Mappak menjadi titik terjauh dari pusat pemerintahan Kabupaten Tana Toraja di Makale. Dikarenakan perjalanan menuju Kelurahan Butang menempuh medan yang terjal dan jarak yang jauh, Tim Penilai harus menginap di salah satu rumah warga di kecamatan Mappak pada hari minggu malam tanggal 20 Desember 2020 dan melanjutkan perjalanan keesokan harinya.

Dalam kegiatan survey lapangan Tim Penilai mengumpulkan data-data yang diperlukan, beberapa di antaranya adalah pencatatan dan pengukuran ruas jalan serta kondisinya, pengukuran dan penilaian kondisi bangunan gedung dari berbagai itemnya, survey harga tanah dengan berkoordinasi dengan warga serta kepala desa atau lurah setempat, dan lain lain. Dalam setiap kegiatan survey, Tim Penilai selalu didampingi oleh perwakilan dari Bidang Aset Pemda Kabupaten Tana Toraja. Dalam beberapa kesempatan, survey juga didampingi oleh perwakilan dari Dinas PUPR Kabupaten Tana Toraja.

Di akhir kegiatan, Selpi mengucapkan terima kasih atas kerja keras Tim Penilai dari KPKNL Palopo karena pelaksanaan survey penilaian ini pasti menguras energi ekstra mengingat lokasi BMD yang tersebar hingga daerah pelosok. Yadi mewakili Tim Penilai juga mengucapkan terima kasih karena selama pelaksanaan survey selalu didampingi dengan baik oleh Staf Bidang Aset Pemda Kabupaten Tana Toraja.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini