Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palopo > Berita
Peningkatan Kompetensi Kode Etik dan Kode Perilaku PNS
Toni Agus Wijaya
Jum'at, 20 Maret 2020   |   325 kali

Palopo-Kamis 19 Maret 2020 pukul 08.00 WITA s.d selesai, bertempat di ruang rapat KPKNL Palopo dilaksanakan Focus Group Discussion Kode Etik dan Kode Perilaku PNS yang dihadiri oleh seluruh pegawai/pejabat di lingkungan KPKNL Palopo. FGD dibuka dan dipaparkan oleh Sdr. Ya’kub selaku Kepala KPKNL Palopo, dengan materi pemaparan sebagaimana dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 190/PMK.01/2018 tanggal 31 Desember 2018 tentang Kode Etik dan Kode Perilaku Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kementerian Keuangan.

Dalam kegiatan dimaksud Ya’kub memaparkan terkait latar belakang, dasar hukum terbitnya PMK, disiplin PNS dan kode etik PNS, contoh pelanggaran disiplin PNS dan kode etik PNS dikaitkan dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan (Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan dan Kesempurnaan), isu LGBT dikatikan dengan sanksi, tujuan dan manfaat kode etik PNS, butir-butir Kode Etik dan Kode Perilaku dalam nilai-nilai Kementerian Keuangan, Mekanisme Pencegahan Pelanggaran Kode Etik, Mekanisme Penegakan Pelanggaran Kode Etik, Pembentukan Majelis Kode Etik, serta Pemantauan dan Evaluasi.

Penjelasan berupa contoh riil penerapan dan pelanggaran kode etik dan kode perilaku PNS yang sering terjadi di kehidupan sehari hari menjadi pembahasan yang paling menarik untuk dicermati dan dipahami oleh seluruh pegawai. Pemberian contoh riil ini lebih membuka pengetahuan agar seluruh pegawai KPKNL Palopo dapat langsung mengimplementasikan bukan hanya memahami secara kontekstual. Pada kesempatan ini juga terdapat sharing sehingga segala permasalahan, tantangan, dan hambatan dapat diselesaikan dengan baik dan tentu saja tanpa melanggar kode etik dan kode perilaku PNS.

FGD Kode Etik dan Kode Perilaku PNS seperti yang dilakukan hari ini akan dilakukan setiap triwulannya. Kegiatan semacam ini merupakan bukti konkret pimpinan KPKNL Palopo untuk mendukung penuh penegakan Kode Etik dan Kode Perilaku PNS khususnya di lingkungan KPKNL Palopo. (Teks/Foto: Bayu Aji-Toni Wijaya/Bayu Aji)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini