Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palopo > Berita
Pemerintah Kabupaten Tana Toraja adakan Sosialisasi Lelang Melalui Internet Bersama KPKNL Palopo
Dendi Yudha Satria
Rabu, 13 Maret 2019   |   363 kali

Tana Toraja - Senin, 4 Maret 2019 pukul 13.00 WITA s.d selesai bertempat di Ruang Pola (Lantai IV) Kantor Bupati Tana Toraja, Bula selaku Kepala KPKNL Palopo di dampingi oleh Bahtiar selaku Kepala Seksi Lelang dan Rushan selaku Pejabat Lelang telah memenuhi undangan Nomor: 005/0283/II/Setda tanggal 28 Februari 2019 perihal Sosialisasi Tata Cara Pendaftaran dan Mengikuti Pelaksanaan Lelang Melalui Internet sebagai narasumber dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Toraja.  Kegiatan dibuka oleh Margaretha Batara selaku Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BKPAD) yang dihadiri oleh perwakilan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Tana Toraja.  

 

Dalam arahannya, Margaretha Batara pada intinya menyampaikan terima kasih kepada satker KPKNL Palopo yang sudah bersedia hadir memenuhi undangan dan berharap agar para SKPD yang hadir untuk dapat memahami benar tentang proses lelang baik dari segi pendaftaran, verifikasi akun, penyetoran uang jaminan hingga cara menawarnya.

 

Kemudian kegiatan dilanjutkan oleh Bahtiar, beliau memaparkan tentang pengertian lelang, dasar hukum lelang, jenis-jenis lelang hingga permasalahan yang sering muncul terhadap lelang. “Kata lelang merupakan terjemahan dari bahasa Inggris, auction yang berasal dari bahasa latin augere/auctus yang artinya meningkat (augment/to increase),” jelas Bahtiar. Jenis lelang yang diberikan oleh KPKNL meliputi lelang eksekusi dan non-eksekusi.

 

Rushan dalam paparannya menyampaikan tentang tata cara pendaftaran akun lelang melalui website www.lelang.co.id. Pendaftaran akun lelang wajib dilakukan karena merupakan syarat mutlak untuk dapat mengikuti lelang. “Jangan lupa untuk pendaftaran akun bapak/ibu wajib mempunyai alamat e-mail aktif dan set password yang terdiri dari minimal 8 karakter dengan kombinasi angka dan huruf, hal ini diharuskan karena untuk menghindari akun kita terkena hack oleh orang lain. Kemudian bapak/ibu juga wajib mempunyai KTP dan NPWP untuk pendaftarannya,” ungkap Rushan. Lebih lanjut Rushan menjelaskan alur pendaftaran akun lelang secara mendetail dari tahap pendaftaran hingga cara mengikuti lelang tersebut.

 

Setelah paparan dari KPKNL, dilanjutkan sesi tanya jawab dengan peserta yang hadir. Banyak peserta yang menanyakan bagaimana caranya untuk menjadi pemenang dalam lelang tersebut. Kemudian dijawab oleh Rushan dengan membagikan tips dan trik agar menjadi pemenang lelang dan salah satu caranya adalah dengan menawar setinggi-tingginya.

 

Dengan adanya sosialisasi lelang ini, KPKNL Palopo berharap kepada seluruh masyarakat agar jangan ragu untuk mengikuti lelang karena jelas prosesnya dan dijamin transparansinya. (Foto/Teks: Dendi Yudha Satria)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini