Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palopo > Berita
Sosialisasi dan Edukasi pada Peringatan 110 Tahun Lelang
Toni Agus Wijaya
Senin, 05 Maret 2018   |   207 kali

Palopo - Pada 28 Februari 1908 sesuai terbitnya Vendu Reglement (Undang-Undang Lelang), Ordonantie  Staatsblad 1908:189 pada masa pemerintahan Hindia Belanda yang merupakan hari lahirnya lelang di Indonesia.

Memperingati 110 Tahun Lelang Indonesia, KPKNL Palopo mengadakan kegiatan lelang yang dimulai pada tanggal 25 Februari hingga 4 Maret 2018 dengan tema “Modernisasi Lelang untuk Jual Beli yang Lebih Handal dan Terpercaya”.

Pada Minggu 25 Februari 2018, KPKNL Palopo telah menyebarkan brosur-brosur terkait dengan Lelang dan mengadakan simulasi lelang di Car Free Day Kota Palopo. Kegiatan tersebut dimulai pukul 06.00-08.30 WITA, dan di sela-sela pelaksanaan kegiatan tersebut, Kepala KPKNL Palopo diberi kesempatan pihak pembawa acara Car Free Day untuk menyampaikan salah satu tugas dan fungsi KPKNL Palopo yakni terkait pelaksanaan lelang. “Lelang itu sangatlah mudah diikuti oleh semua orang dengan harga yang sangat kompetitif dan pelaksanaan lelang KPKNL Palopo ini bukan semata-mata hanya untuk melaksanakan lelang eksekusi tapi juga bisa digunakan oleh semua orang untuk pelaksanaan jual beli pada umumnya,” papar Kepala KPKNL palopo.

Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Asim menambahkan dengan singkat bahwa pada pukul 08.30 WITA nanti dilokasi yang sama, KPKNL Palopo akan mengadakan simulasi lelang dan semua orang bisa mengikuti lelang tersebut, namun untuk mengikutinya harus mendaftar dan membayar uang jaminan terlebih dahulu.

Kegiatan simulasi lelang ini merupakan kegiatan yang mungkin baru pertama kali diadakan oleh KPKNL Palopo, sehingga banyak masyarakat yang antusias sekali dengan simulasi lelang ini dan beragam pertanyaan terkait dengan tata cara prosedur pelaksanaan dan pelunasan lelang.

Selanjutnya, pada Senin-Rabu tanggal 26 s.d 28 Februari 2018, dilaksanakan kegiatan lelang eksekusi baik dari sitaan Pajak KPP Palopo maupun eksekusi Hak Tanggungan oleh pihak Bank.  Dan pada Kamis 1 Maret 2018, di ruang serba guna Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemerintah Kota Palopo digelar Sosialisasi Lelang e-Auction oleh KPKNL Palopo. Acara tersebut dibuka Kepala Bidang BPKAD, Asnita Darwis, S.STP. Kegiatan ini dihadiri para perwakilan dari kantor dinas di lingkungan Pemkot Palopo.

Dalam sambutannya, Asnita Darwis menyampaikan bahwa berlakunya peraturan baru terkait dengan pengelolaan aset Barang Milik Daerah (BMD), maka pemindahtangan atas aset-aset milik BMD dilakukan melalui lelang terbuka untuk umum tidak lagi secara terbatas, sehingga hal ini sejalan dengan semangat pengelolaan aset yang transparan dan akuntabilitas yang dapat menghindarkan dari kecurangan/kerugian Negara. Untuk itu dengan diadakannya acara sosialisasi lelang ini diharapkan peserta sosialisasi dapat diberikan pemahaman terkait tata cara dan prosedur dalam pelaksanaan lelang aset BMD.

Asim dalam paparannya menjelaskan terkait dengan apa yang dimaksud dengan lelang, jenis lelang dan proses pelaksanaan lelang pada umumnya, yang diharapkan bisa memberikan gambaran bagi para peserta sosialisasi.

Sementara itu, Kepala Seksi Hukum dan Informasi, Toni Agus Wijaya menambahkan pelaksanaan lelang melalui internet atau e-Auction ini mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan No 90/PMK.06/2016. Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa lelang serta sebagai bentuk modernisasi lelang dengan memanfaatkan sarana teknologi informasi dan komunikasi berupa internet, maka dengan menggunakan e-Auction yang dapat diakses pada: www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id membuat pelaksanaan lelang menjadi lebih mudah, dapat diikuti oleh seluruh rakyat Indonesia dimanapun berada, dan tidak membutuhkan biaya transportasi/akomodasi untuk mengikutinya.

Para peserta sangat antusias dengan kegiatan sosialisasi ini, karena ini merupakan hal yang sangat baru bagi para peserta, sehingga banyak sekali pertanyaan-pertanyaaan yang dilontarkan oleh para peserta sosialisasi.

Kegiatan pekan lelang pada KPKNL Palopo ini diakhiri pada Minggu 4 Maret 2018 di area Car Free Day Kota Palopo. KPKNL Palopo bekerja sama dengan pihak Bank BRI Cabang Palopo dan Bank Mandiri Cabang Palopo telah membagikan brosur-brosur terkait lelang dan melakukan simulasi lelang. Alhamdulillah, seluruh kegiatan perayaan 110 Tahun lelang berjalan dengan lancar dan meriah, semoga ke depannya lelang dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat dan Negara. Bravo Lelang. (Teks dan Foto: Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini