Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palopo > Artikel
Satu Tahun SiKasih Wujudkan Percepatan Koordinasi dan Monitoring Pelaporan
Toni Agus Wijaya
Selasa, 15 Desember 2020   |   297 kali

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 88/PMK.01/2013 tahun 2013 tentang Penyusunan, Penetapan, dan Penerapan Standar Pelayanan di Lingkungan Kementerian Keuangan, maka tujuan Kualitas Pelayanan Publik yaitu meningkatkan kualitas dan profesionalisme pelayanan publik, dengan memberikan  pelayanan  lebih cepat, singkat, transparan dan akuntabel kepada stakeholders.

Bahwa sesuai data laporan saldo rekening bendahara penerima selama 3 tahun terakhir sampai tanggal 10 September 2017 diperoleh informasi:

Data Saldo Rekening KPKNL Palopo

No

RPL PDJ Lelang

Tanggal

Keterangan

1

Rp   53.300.560,00

31-Des-15

Belum teridentifikasi seluruhnya

2

Rp 194.586.016,00

31-Des-16

Belum teridentifikasi seluruhnya

3

Rp   89.050.326,00

10-Sep-17

Belum teridentifikasi seluruhnya

 

No

RPL PDJ Piutang

Tanggal

Keterangan

1

Rp     3.200.081,18

31-Des-15

Belum teridentifikasi seluruhnya

2

Rp   14.017.081,27

31-Des-16

Belum teridentifikasi seluruhnya

3

Rp   14.779.396,00

10-Sep-17

Belum teridentifikasi seluruhnya

 

Berdasarkan data tabel tersebut di atas, terlihat atas rekening piutang maupun rekening lelang belum dapat teridentifikasi seluruhnya. Hal ini pastinya membuat informasi yang disajikan oleh seksi Hukum dan Informasi (HI) terkait pengurusan piutang negara (pembayaran piutang negara, saldo hutang, outstanding hutang) dan pelayanan lelang (pokok lelang dan bea lelang) akan menjadi tidak akurat/tidak valid. Faktanya pemberian pelayanan data informasi dari Seksi HI kepada para stakeholder belum optimal, hal ini terbukti belum teridentifikasinya jumlah saldo yang ada di rekening piutang maupun rekening lelang. Dengan adanya permasalah tersebut dari tahun ke tahun sampai berganti  Kasi HI namun belum ada tindak lanjut penyelesaiannya membuat Penulis tertantang untuk menyelesaikannya, dimana tidak hanya data informasi yang terkait piutang negara dan pelayanan lelang namun juga data informasi yang memuat seluruh kinerja pelayanan seksi HI.

Digitalisasi Sistem Informasi dalam rangka peningkatan pelayanan dengan memanfaatkan teknologi informasi sangat perlu dilakukan untuk menunjang percepatan dan peningkatan pelayanan kepada stakeholders. Dalam jangka pendek Seksi HI KPKNL Palopo melakukan upaya membangun sistem informasi kinerja seksi HI (SiKasih) yang realtime, handal dan akuntabel berisi data-data informasi yang dibutuhkan oleh stakeholders dengan cepat dan akurat. Untuk jangka menengah diharapkan SiKasih digunakan oleh Seksi HI dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sehari-hari serta menjadi data acuan oleh stakeholders internal. Adapun tahapan kegiatan jangka panjang yakni penggunaan SiKasih secara berkelanjutan dan terbentuknya budaya bagi seluruh pegawai/pejabat untuk peningkatan pelayanan yang cepat, transparan dan akuntabel.

SiKasih merupakan alat bantu yang memudahkan bagi para stakeholders Seksi Hukum dan Informasi (Seksi HI) untuk melakukan monitoring dan pembuatan bahan laporan khususnya terkait verifikasi penerimaan pembayaraan piutang negara dan hasil lelang serta pemantuan internal terkait kinerja seksi HI. Dengan adanya Si Kasih diharapkan dapat memberikan  pelayanan  lebih cepat, singkat, transparan dan akuntabel kepada stakeholders.

SiKasih dapat diakses melalui bit.ly atau aplikasi google spreadsheet sejak bulan September 2019 juga telah digunakan dalam pelaksanaan tusi sehari-hari oleh Seksi HI dan telah digunakan oleh stakeholders internal. Salah satu tujuan jangka panjang dalam pelaksanaan proyek perubahan ini yakni terbentuknya budaya peningkatan pelayanan yang cepat, transparan dan akuntabel khususnya di Seksi HI dengan uraian adanya pengembangan SiKasih sesuai kebutuhan unit organisasi. Dalam rangka hal tersebut, berbasis dari aplikasi google spreadsheet SiKasih, Penulis telah membuat aplikasi tambahan menggunakan aplikasi yang dapat diinstal pada android yang gratis dengan nama SiKasih. Pembuatan aplikasi ini mengambil data basis dari SiKasih, maka hasilnya juga sama namun ada tambahan menu konfirmasi terkait adanya setoran yang masuk pada rekening bendahara penerima. Menu dari aplikasi SiKasih saat ini telah berkembang sebagaimana kebutuhan tusi pada Seksi HI, menu diantaranya:

a.    Capaian

Berisi capaian Bulanan dan capaian sampai dengan triwulan antara lain capaian Pokok Lelang PL I, Pokok Lelang Pegadaian, PNBP Lelang PL I, PNBP Lelang Pegadaian, PNDS, Biad, BKPN, SPPNL, Outstanding Saldo, PNBP Aset, Rekening Piutang dan Rekening Lelang. Untuk triwulanan terdapat tambahan perkara aktif dan perkara selesai. (Update Tahun 2020 capaian SPPNL menjadi capaian Selesai (SPPNL+PSBDT)).

b.    Bea Permohonan Lelang

Menampilkan Nama pemohon lelang, Bulan, Jumlah Debitur, Total Bea Permohonan Lelang dan Tanggal Setor ke Kas Negara.

c.    Bea Batal

Menampilkan Nama penyetor, Bulan, Jumlah Debitur, Total Bayar dan Tanggal Setor ke Kas Negara.

d.    Saldo (Menu Update Tahun 2020)

Menampilkan Nama Debitur, Jumlah Hutang sesuai SP3N, Pembayaran dan Saldo Hutang (Belum Termasuk Biad).

e.    PNBP (Menu Update Tahun 2020)

Berisi capaian Bulanan dan capaian sampai dengan triwulan yang berisi capaian PNBP Akun 425782, 425784, 425785, 425131, 425699, 425995, 425129, 425999 dan 425911.

Data informasi pada menu Capaian, Bea Permohonan Lelang, Bea Batal, Saldo dan PNBP ini sifatnya realtime karena berbasis pada aplikasi google spreadsheet SiKasih, namun stakeholder internal hanya bisa melihat (tidak bisa ditambah, dihapus atau diupdate), hal ini dikarenakan untuk menjaga data informasi tersebut tetap handal dan akuntabel.

f.     Konfirmasi

Menu ini untuk mempercepat dan mengetahui adanya setoran yang masuk ke rekening Bendahara Penerima. Dalam menu ini melibatkan Seksi HI, Seksi Lelang dan Seksi PN karena terkait penyetoran ke rekening Lelang atau rekening Piutang Negara. Ketiga seksi tersebut bisa menambahkan dan mengupdate dalam menĂº tersebut. Isian konfirmasi antara lain Nama Pemohon/Penyetor (Wajib diisi), Bulan (opsional), Tanggal dan Waktu Konfirmasi (Otomatis), Jumlah Setoran (opsional), jumlah debitor (opsional), peruntukan (opsional), Keterangan (opsional), Foto Bukti Setoran (wajib ada), Konfirmasi HI (untuk tombol sudah hanya seksi HI yang menekan apabila sudah dikonfirmasi, apabila belum terkonfirmasi seksi HI, Lelang dan Piutang menekan belum). Apabila bendahara penerima atau seksi PN atau seksi Lelang menambahkan maupun mengupdate data pada menu konfirmasi ini akan langsung terdapat notifikasi masuk ke email atasan langsung bendahara penerima selaku Project Leader, sehingga prosesnya dapat dilaksanakan dan dimonitor dengan cepat.

 


Gambar. Screenshoot notifikasi masuk ke email pada menu konfirmasi

 

Kini setelah setahun dua bulan berjalan, SiKasih telah membantu memudahkan koordinasi baik internal seksi HI maupun dengan seksi lain,khususnya seksi Pelayanan Lelang, Piutang Negara dan Kepatuhan Internal. Tidak ada lagi persoalan rumit dan lama mencari dan menghitung data karena semuanya sudah dapat dimonitoring secara langsung dari aplikasi SiKasih. Penggunaan SiKasih semakin dibutuhkan mengingat saat ini interaksi fisik dibatasi dan interaksi digital semakin digemari sehingga user tidak akan merasa kesulitan dalam penggunaannya. 


Penulis : Toni Agus Wijaya

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini