Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Focus Group Discussion Pejabat Administrator Triwulan IV KPKNL Palembang
Evi Soraya
Rabu, 01 Desember 2021   |   123 kali




Palembang – Pada Selasa 1 Desember 2021, KPKNL Palembang menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Pejabat Administrator Triwulan IV. Tema FGD kali ini adalah “Kemenkeu Bersinergi Membangun Energi” dan “Presidensi G20 Indonesia 2022”.  Acara dibuka oleh pembawa acara, Marzuki Tayib dari Seksi Kepatuhan Internal. Kemudian langsung dilanjutkan oleh Kepala KPKNL Palembang, Ridho Wahyono.

Pada kesempatan pertama, Ridho memaparkan tema yaitu Kemenkeu Bersinergi Membangun Energi. Pemerintah saat ini sedang membangun Visi untuk Indonesia Tahun 2045 dengan 4 (empat) pilar utama, yaitu :

1.       Pembangunan manusia serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi

2.       Pembangunan ekonomi berkelanjutan

3.       Pemerataan pembangunan

4.       Pemantapan ketahanan nasional dan tata kelola kepemerintahan

Untuk mendukung hal tersebut, maka Kementerian Keuangan sebagai salah satu instansi yang mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keuangan negara dan membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara, merasa perlu melakukan percepatan dalam kinerja. Salah satu caranya dengan melaksanakan joint program antar Eselon I yang disebut Kemenkeu One. Sehingga menciptakan sinergi dan intimasi antar Eselon I dengan lebih baik.

                Adapun tema kedua adalah Presidensi G20 Indonesia 2022. Pada tanggal 30-31 Oktober 2021 lalu di Roma, Italia, Indonesia menerima secara resmi tongkat kepemimpinan G20 dari Italia. Hal ini merupakan suatu hal yang menggembirakan karena ini berarti Indonesia akan berperan besar dalam menentukan keputusan global sebagai solusi nyata atas permasalahan dunia. Selain itu, Presidensi Indonesia dalam G20 ini akan berdampak besar baik dari segi ekonomi, pembangunan sosial maupun manfaat dari segi politik. Dengan mengusung tema Recover Together, Recover Stronger”, Indonesia telah menyusun kerangka kerja sistematis dalam menghadapi tantangan seperti pemulihan ekonomi dan pandemi COVID-19.

(Ev, Seksi Hukum dan Informasi)

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini