Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Palembang
Berita DJKN

Berinovasi dengan Kearifan Lokal, Kunci Sukses Keringanan Utang KPKNL Palembang

Kamis, 12 Agustus 2021   |   162 kali

Palembang -  Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palembang mendapatkan kehormatan untuk tampil di acara Town Hall Meeting Crash Program (CP) yang dibuka oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. Pada acara tersebut, KPKNL Palembang berkesempatan hadir pada segmen Bincang Santai Dirjen Kekayaan Negara sebagai Kantor yang paling inovatif. Ridho Wahyono selaku Kepala KPKNL Palembang menjawab beberapa pertanyaan  Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Rionald Silaban terkait inovasi yang dilakukan KPKNL Palembang dalam rangka Crash Program Keringanan Utang.

Inovasi yang dilakukan KPKNL Palembang adalah menangani debitur dengan kearifan lokal dengan cara melakukan pendekatan kondisi sosiologi penanggung hutang/penanggung jawab hutang, serta menurunkan petugas sesuai karakter dan budaya debitur. Ridho Wahyono juga menyampaikan tantangan dalam keberhasilan Crash Program di lingkup unit kerja KPKNL Palembang adalah sebaran lokasi alamat debitur dan lokasi jaminan yang sangat luas.

Pada kesempatan bincang santai tersebut, Sri Maulina pelaksana Seksi Piutang Negara pada acara ini didapuk menyampaikan pengalamannya sebagai orang asli Palembang saat penagihan ke lapangan. Ia menggunakan budaya Palembang dengan memperkenalkan diri secara baik-baik, dan menghindari sikap keras. Sebab karakter keras Sumatera Selatan tidak bisa dihadapi dengan keras pula agar dapat membuat debitur bersedia membayar kewajibannya.

Selain itu, Sri juga menjelaskan bahwa  selama di lapangan tim menganggap debitur adalah dulur (keluarga). Sehingga dijelaskan bahwa kedatangan mereka adalah untuk membantu para debitur, bukan menitikberatkan penagihan kepada hutangnya. Pada kesempatan itu juga,  Sri mencontohkan gaya Bahasa khas Palembang yang dipakai sehingga dapat meyakinkan debitur. Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Rionald Silaban menyampaikan rasa terima kasih dan semangat untuk para Pejuang Keringanan Hutang pada Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. (Humas/Evi)







Kontak
Jl. Kapt. A. Rivai No. 4 Gedung Keuangan Negara Lt.1-2 Blok C Palembang - 30129
(0711) 352574
(0711) 350801
kpknlpalembang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |