Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Knowledge Sharing "Standar Kualitas Publikasi Media Soial di Lingkungan DJKN"
Eko Haryono Hadi Soeyanto
Jum'at, 19 Februari 2021   |   223 kali

Palembang (19/02/2021)_ Hari ini KPKNL Palembang telah sukses menyelenggarakan kegiatan Knowledge Sharing “Standar Kualitas Publikasi Media Sosial di Lingkungan DJKN” secara daring dengan menghadirkan narasumber dari Direktorat Hukum dan Hubungan Masyarakat DJKN serta Perwakilan dari KPKNL Samarinda.

 

Dalam sambutannya Ridho Wahyono selaku Kepala KPKNL Palembang menyampaikan apresiasi atas kesediaan para narasumber baik dari Direktorat Hukum dan Humas DJKN serta KPKNL Samarinda yang telah berkenan berbagi ilmu pengetahuan terkait kegiatan publikasi dan kehumasan khususnya pengelolaan publikasi media sosial di lingkungan DJKN. Yoyon berharap melalui kegiatan ini KPKNL Palembang  mampu meningkatkan kuantitas serta kualitas publikasi atas peran DJKN dan KPKNL Palembang melalui media sosial yang telah ada selama ini.

 

Acara knowledge sharing pagi ini diikuti oleh segenap pimpinan dan pegawai KPKNL Palembang, Perwakilan Kanwil DJKN Sumsel, Jambi dan Bangka Belitung, Perwakilan Dit. Hukum dan Humas DJKN, Perwakilan Kanwil DJKN Kaltimtara dan KPKNL Samarinda. Selaku moderator adalah Wahidin (Kasi Hukum dan Informasi  KPKNL Palembang). Pada kesempatan tersebut Wahidin mempresentasikan kegiatan pengelolaan publikasi  KPKNL Palembang selama periode 2020-2021.

 

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait Proses Publikasi Media Sosial DJKN oleh Nanang Ansahari yang akrab disapa “Abah Anang” dari Dit. Hukum dan Humas DJKN. Pada presentasinya secara garis besar Abah menekankan pada pentingnya proses publikasi media sosial DJKN yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.  Materi selanjutnya disampaikan oleh Hidayat (Humas DJKN) yang memiliki panggilan akrab “Kang Dayat” dengan materi kegiatan evaluasi pengelolaan media sosial di lingkungan DJKN. Dalam pemaparannya Kang Dayat menguraikan tentang   tujuan media sosial DJKN antara lain menjadi media komunikasi/publikasi tentang tugas dan fungsi DJKN dalam Pengelolaan Kekayaan Negara untuk edukasi, laporan ke publik dan menciptakan engagement dengan masyarakat maupun stakeholders. Adapun standar kuantitas konten untuk media sosial di lingkungan DJKN yaitu one day one content untuk KP DJKN c.q Dit Hukum dan Humas DJKN serta one week one content untuk instansi vertikal di lingkungan DJKN.

 

Pemateri berikutnya adalah Eko P. selaku Kasi. Hukum dan Informsi KPKNL Samarinda yang berbagi tentang pengelolaan publikasi dan media sosial KPKNL Samarinda. Terpilihnya KPKNL Samarinda sebagai bechmarking terkait pengelolaan publikasi media sosial DJKN  adalah karena KPKNL Samarinda dinilai oleh DJKN sebagai satker vertikal DJKN dengan pengelolaan publikasi media sosial terbaik. Eko mengawali materinya dengan latar belakang pembangunan publikasi media sosial KPKNL Samarinda   antara lain publikasi medsos telah ada namun belum dirasakan optimal, konten hanya berisikan kegiatan rutin yang sebenarnya untuk kosumsi internal, dampak publikasi media sosial belum terasa dan KPKNL Samarinda belum dikenal secara luas oleh masyarakat. Maka langkah-langkah yang diambil untuk pengelolaan media sosial antara lain membentuk tim publikasi yang melibatkan seluruh elemen di lingkungan KPKNL Samarinda, mengadakan pelatihan penulisan dengan narasumber dari kalangan praktisi, meluncurkan program publikasi baru yang lebih terarah dan menyusun SOP publikasi dan membuat buku panduan publikasi.  

 

Kegiatan sharing knowledge ini juga mendapat apresiasi dari Dit Hukum dan Humas DJKN dimana KPKNL Palembang dinilai satu langkah lebih maju karena telah berupaya untuk meningkatkan kualitas  publikasi dan media sosialnya. Dimana proses evaluasi ke depan atas kegiatan publikasi media sosial  bukan hanya dari kuantitas namun juga kualitas sebagaimana arahan Ditjen Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata dalam Rapim di Lingkungan DJKN tahun 2019.

 

Pelaksanaan kegiatan sharing knowledge berlangsung lancar dan mendapat perhatian penuh dari seluruh peserta yang hadir dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan seputar kegiatan publikasi dan media sosial kepada seluruh narasumber. Kemudian acara ditutup dengan sesi foto bersama seluruh peserta.

 Narasi dan foto : Humas KPKNL Palembang



Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini