Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Rapat Kinerja Seksi PKN: Mendekati Penghujung Semangat Semakin Tidak Terbendung
Eko Haryono Hadi Soeyanto
Senin, 21 Desember 2020   |   115 kali

Mendekati penghujung tahun 2020, KPKNL Palembang semakin giat dalam memastikan bahwa target-target kinerja yang diamanatkan oleh pimpinan dapat diselesaikan secara optimal. Terbukti dengan telah diselenggarakannya kegiatan Rapat Pembahasan Strategi Penyelesaian Target Kinerja Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) Tahun 2020 (15/12/2020). Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan marathon pembinaan rutin oleh pimpinan unit kerja kepada seksi/subbagian pada lingkup KPKNL Palembang, rapat internal tugas dan fungsi pengelolaan kekayaan negara kali ini tidak hanya diikuti oleh kepala dan seluruh staf Seksi PKN melainkan juga kepala dan para staf Seksi Kepatuhan Internal.

Selaku pimpinan rapat, Ridho Wahyono yang akrab dipanggil Yoyon, Kepala KPKNL Palembang, berpesan bahwa tahun 2020 merupakan tahun yang penuh tantangan, utamanya situasi COVID-19 yang membatasi ruang gerak pelaksanaan penugasan baik di lingkup internal KPKNL maupun satuan kerja pengguna layanan. Yoyon menambahkan, perbaikan revaluasi BMN, realisasi PNBP pengelolaan BMN, dan sertipikasi BMN merupakan sebagian dari padatnya penugasan yang telah diamanatkan penyelesaiannya kepada siapapun yang menjadi bagian dari Seksi PKN di tingkat KPKNL. Seluruh target harus diusahakan pencapaiannya secara optimal sampai dengan akhir tahun, terutama penyelesaian revaluasi BMN tahun 2020 dengan jumlah NUP sebesar 43.273 NUP, ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Istiqomah Handayani, Kepala Seksi PKN, menyampaikan bahwa hampir seluruh target telah terpenuhi capaiannya, namun demikian ia mengakui untuk memenuhi target realisasi PNBP pengelolaan BMN salah satu kendala utamanya adalah pandemi COVID-19 yang secara langsung berdampak pada mobilitas dan aktifitas kegiatan penggalian potensi. Selain itu, Istiqomah optimis bahwa target perbaikan revaluasi BMN diperkirakan dapat optimal seiring telah dibangunnya komunikasi dengan satuan kerja terkait untuk siap sedia apabila terdapat permintaan untuk melakukan progres ke tahap selanjutnya.

Kehadiran Seksi Kepatuhan Internal, selaku manajer kinerja di tingkat KPKNL, menunjukan dukungan sekaligus harapan yang sangat besar kepada segenap kru Seksi PKN KPKNL Palembang untuk dapat mendulang capaian kinerja yang cemerlang di penghujung tahun 2020. Hal ini mengingat bahwa IKU KPKNL Palembang, sebagian besar di-cascade kepada Seksi PKN. Sehingga keberhasilan Seksi PKN secara signifikan akan menunjang keberhasilan capaian nilai kinerja organisasi KPKNL Palembang di tahun 2020.

Sebagai wujud kepedulian terhadap kualitas kinerja dan layanan Seksi PKN, pada kesempatan ini Seksi Kepatuhan Internal secara singkat memaparkan materi mengenai kegiatan pemantauan pengendalian utama atas produk layanan Seksi PKN. Dibawakan secara interaktif, staf Seksi PKN terlihat sangat antusias dalam menerima materi, hal ini terlihat dari banyaknya tanggapan dan pertanyaan yang dilayangkan kepada Novita, selaku pemateri.

Salah satu pertanyaan yang disampaikan adalah mengenai perbedaan perspektif perhitungan hari kerja penyelesaian produk layanan sewa BMN antara Keputusan Direktur Jenderal Kekayaan Negara nomor 151/KN/2019 dengan perangkat pemantauan. Menanggapi perbedaan tersebut, Seksi Kepatuhan Internal akan meneruskan informasi tersebut kepada Bagian OKI Kantor Pusat DJKN dengan harapan terdapat harmonisasi antara perangkat pemantauan dengan ketentuan yang berlaku.

Teks/Foto: Meirizky/Agung-Bayu

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini