Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Lelang Serentak PT.BRI Kanwil Palembang Hasilkan Rp3,7M
Taufik
Selasa, 02 Oktober 2018   |   818 kali

Palembang – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palembang bersinergi dengan PT.Bank Rakyat Indonesia (BRI) (Persero), Tbk menyelenggarakan lelang eksekusi Hak Tanggungan serentak pada 26 September 2018. Dari 14 lelang tanpa kehadiran peserta lelang melalui internet yang dilaksanakan di Kanwil PT. BRI (Persero), Tbk Palembang menghasilkan pokok lelang sebesar Rp3,7 Milyar  dan penerimaan negara sebesar Rp242,19juta.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Sumatera Selatan, Jambi dan Bangka Belitung (SJB) Thaufik mengatakan, sampai dengan September 2018 frekuensi lelang di Kanwil DJKN SJB telah melampaui target sebesar 172%. Hal ini terjadi karena kerja sama DJKN dan PT BRI sangat baik. “Semoga kerja sama ini semakin baik dan potensi laku lelang semakin meningkat,”ujarnya.

Selain itu, Thaufik juga menegaskan bahwa lelang tanpa kehadiran peserta lelang melalui internet yang dikenal dengan lelang e-Auction adalah terobosan DJKN untuk modernisasi lelang serta memudahkan penjual dan peserta lelang. “Berdasarkan survey di seluruh Indonesia, e-Auction mengurangi terjadinya KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme-red),” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil BRI Palembang Eko Wahyu menginstruksikan ke jajarannya untuk lebih cermat dan teliti dalam pengajuan lelang. “Kirimkan berkas lelang yang clean, clear dan berpotensi laku sehingga mendukung target DJKN laku lelang minimal 30%,” tegasnya.

Selain itu, Eko juga berharap jajarannya untuk responsif dan dapat melihat kondisi perekonomian di Palembang dan sekitarnya. “Di era bisnis karet yang sedang memburuk ini, jaminan kebun karet jangan dilelang terlebih dahulu, karena potensi lakunya akan kecil,”tuturnya.

Ketika diwawancarai terpisah, Pejabat Lelang KPKNL Palembang Oktarisa mengatakan lelang serentak ini sangat efisien dan dapat memperat hubungan antara KPKNL Palembang dengan PT BRI. Hal ini akan mempermudah dan memperlancar kerja sama di bidang lelang ke depan. “Lelang serentak ini sangat bagus karena pada satu kesempatan dilakukan banyak lelang sehingga frekuensi lelang bertambah banyak,” imbuhnya.

(Seksi Hukum dan Informasi dan Seksi Pelayanan Lelang)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini