Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Memasyarakatkan e-Auction Melalui Edukasi dan Simulasi Lelang
Januar Wiyata Pratama
Rabu, 29 November 2017   |   275 kali

Palembang - Acara Anugerah Media Humas 2017 diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bertempat di Palembang Sport dan Convention Center (PSCC) pada tanggal 21-24 Nopember 2017. Acara ini memiliki agenda utama yakni penyelenggaraan pameran dengan tema reformasi pelayanan publik.

Sejalan dengan tema reformasi pelayanan publik diatas, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) turut serta pada acara dimaksud dengan menempatkan booth mewakili Kementerian Keuangan yang fokus pada sosialisasi, edukasi dan pemberian informasi akan tata cara layanan lelang konvensional dan layanan lelang elektronik melalui internet atau yang disebut dengan e-Auction kepada masyarakat yang menghadiri acara tersebut.

e-Auction yang merupakan salah satu inovasi dalam pelayanan lelang di DJKN serta menjadi tanda bukti keseriusan Kementerian Keuangan dalam memperbaiki citra dan/atau anggapan publik yang negatif terhadap lelang yang terkesan dapat diatur dan dipermainkan oleh para pihak tertentu yang mengambil keuntungan pribadi dengan cara yang kurang baik.

Adapun keunggulan e-Auction dibandingkan dengan Lelang Konvensional diantaranya sebagai berikut :

1. Peserta Lelang tidak perlu datang langsung ke tempat lelang cukup melalui aplikasi e-Auction sehingga lebih hemat waktu dan biaya.

2. e-Auction dapat diakses dimana saja dan kapan saja selama terhubung dengan jaringan internet.

3. Meminimalisir unsur Korupsi, Kolusi dan Nepotisme dan pengaduan masyarakat.

4. Hasil lelang untuk Kas Negara lebih tinggi karena e-Auction dapat diikuti lebih banyak peserta karena informasi lelang tersebar ke seluruh Indonesia.

Moment terbaik pada acara tersebut adalah saat simulasi  Electronic Conventional Auction, Kamis (23/11/2017) diatas panggung utama oleh Perwakilan Kantor Wilayah DJKN Sumatera Selatan, Jambi dan Bangka Belitung dan KPKNL Palembang karena antusiasme peserta lelang yang sangat tinggi. (Tim Seksi Hukum dan Informasi dan Seksi Pelayanan Lelang)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini