Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Evaluasi Kerja, KPKNL Palangka Raya adakan Dialog Kinerja Organisasi Triwulan II 2022
Diah Ilmi Rizqiana
Rabu, 06 Juli 2022   |   111 kali

Palangkaraya, Selasa 07 Juli 2022 KPKNL Palangka Raya melaksanakan Dialog Kinerja Organisasi Triwulan II 2022 melalui zoom KPKNL Palangkaraya. Pelaksanaan DKO ini merupakan amanat dari KMK Nomor 467/KMK.01/2014 tentang Pengelolaan Kinerja di Lingkungan Kementerian Keuangan, bahwa setiap triwulan seluruh organisasi wajib melakukan monitoring terhadap capaiannya. Berdasarkan KMK 590/KMK.01/2016 Dialog Kinerja dibagi menjadi dua yaitu Dialog Kinerja Individu (pengisian melalui e-performance) dan Dialog Kinerja Organisasi yang dipegang oleh Kepala Kantor. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Palangka Raya.

Ada empat hal pokok yang dibahas pada DKO kali ini yaitu Peta Strategis KPKNL Palangkaraya, Resum Kinerja, Detail dari Resum Kinerja dan Form IIAA KMK 590/2016. Peta Strategis Periode Kinerja DJKN 2022 ada sebelas yaitu Peningkatan Kontribusi Kekayaan Lelang terhadap perekonomian, Pengelolaan Kekayaan Negara dan Lelang yang Memenuhi Harapan Pengguna Jasa, Kepuasan Pengguna Layanan yang Tinggi, Pengelolaan Kekayaan Negara dan Lelang yang Optimal, Pelaksanaan Penilaian yang Akuntabel dan Profesional, Penerapan Tata Kelola Piutang Negara dan Lelang yang Efektif, Edukatif yang Efektif, Pengawasan dan Pengendalian yang Efektif, SDM yang Kompeten, Organisasi yang Fit for Purpose, Penguatan Pengelolaan Keuangan dan BMN yang Optimal. Selanjutnya pada ikhtisar kinerja organisasi KPKNL Palangka Raya bahwa NKO atau Nilai Kinerja Organisasi KPKNL Palangka Raya pada Triwulan II Tahun 2022 114,44 persen dengan penilaian terdapat sembilan belas IKU hijau, satu merah, satu kuning dan empat abu- abu.

 Adapun IKU PNBP terbesar yang berhasi dicapai oleh KPKNL Palangka Raya adalah IKU PNBP Aset. IKU tersebut mencapai nilai 308,92 persen. Capaian tersebut tentu sangat menggembirakan bagi KPKNL Palangka Raya. Seluruh IKU PNBP memperoleh capaian hijau di Triwulan II, adapun IKU tersebut adalah PNBP Aset dan PNBP Lelang Selain itu untuk deviasi keterhunaan hasil penilaian belum dapat disimpulkan. Namun demikian untuk deviasi data PNBP Fungsional DJKN melampaui target yaitu sebesar 120 persen. Selain itu PNBP Lelang dan PN masih merah untuk capaian tahunan dan diharapkan dapat terpenuhi di akhir tahun. Pencapaian pada Triwulan II ini penting untuk dijaga kestabilannya hingga akhir tahun agar IKU pada Tahun 2022 dapat mencapai hasil maksimal.

Selanjutnya Penerapan Tata Kelola Piutang Negara dan Lelang yang Efektif dalam iku Presentase Pelaksanaan Lelang E-Auction dan E-Conventional Auction berhasil mencapai 100 persen dari 92 persen target. Deviasi Data PNBP Fungsional targer 10 persen mencapai -3,2 persen dan untuk Presentase tindak lanjut persetujuan pengelolaan kekayaan negara sebesar 83,04 persen dari target 40persen. Hal tersebut merupakan kabar baik dari KPKNL Palangka Raya yang berhasil melampaui seluruh target IKU untuk Triwulan II 2022.

Diakhir paparan Kepala KPKNL Palangka Raya menyampaikan apresiasi terhadap capaian- capaian yang sudah mencapai target dan beberapa evaluasi terkait capaian yang masih harus dikejar di triwulan III dan IV 2022. “Tantangan utama KPKNL Palangka Raya adalah dari sisi SBSK dan Portofolio Aset. Kedua IKU tersebut memiliki target yang sangat besar. Artinya semangat dan tekad pegawai agar capaian dapat melampaui target juga harus terus dijaga. “Pegawai KPKNL Palangka Raya harus bahu- membahu menyelesaikan penugasan tersebut agar beban kerja dipikul bersama dan apapun kendala yang dihadapi harus diselesaikan bersama”.

Setelah Kepala KPKNL Palangka Raya menyampaikan evaluasinya, beberapa masukan dari Kepala Seksi dan Pejabat Fungsional juga ikut meyampaikan kendala dan strategi yang akan dilakukan pada Triwulan III dan Triwulan IV. Kepala KPKNL Palangka Raya juga menyampaikan terkait Dokumen Pengungkit ZI WBBM 2023 yang masih belum dipilah- pilah karena pelaksanaan Pembangunan ZI WBBM dilakukan tahun berikutnya, Besar harapan Kepala KPKNL Palangka Raya untuk memaksimalkan persiapan pada tahun 2022 agar tahun 2023 KPKNL Palangka Raya berhasil menjadi kantor dengan predikat ZI WBBM.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini