Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Dialog Interaktif Bersama TVRI Kalteng, Pemantapan Pencanangan KPKNL Palangka Raya Menuju ZI WBBM dan Sosialisasi Lelang Produk UMKM
Rohman Juani
Selasa, 19 April 2022   |   91 kali

Palangka Raya – Selasa 19 Maret 2022 KPKNL Palangka Raya bersama TVRI kalimantan Tengah adakan Dialog Interaktif dalam rangka Pemantapan Pencanangan KPKNL Palangka Raya dalam Pemantapan Pencanangan KPKNL Palangka Raya Menuju ZI WBBM dan Sosialisasi Lelang Produk UMKM.

KPKNL Palangka Raya paparkan sejumlah program kemudahan dan percepatan pelayanan. Mulai dari Layanan Pemanfaatan BMN, Pengurangan Hutang hingga Pelayanan Lelang Online. Narasumber pada Dialog Interaktif kali ini yaitu Kepala KPKNL Palangka Raya R.B. Sigit Budi Prabowo, Pelelang Ahli Muda KPKNL Palangka Raya Zainul Arifin, dan Ketua Asosiasi Akumandiri Palangka Raya Yohanes Budiyana.

Acara dimulai pada pukul tiga sore dibuka oleh Kepala KPKNL Palangka Raya R.B. Sigit Budi Prabowo. Beliau memperkenalkan tugas dan fungsi dari KPKNL Palangka Raya. Dialog Interaktif ini merupakan salah satu upaya KPKNL Palangka Raya untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa KPKNL Palangka Raya terus menerus melakukan percepatan dan kemudahan dalam Pelayanan. Adapun upaya yang dilakukan KPKNL dalam rangka Pembangunan ZI WBBM, salah satunya lelang 100% online dengan berbagai  percepatan pelayanan. Percepatan pelayanan tersebut antara lain penyampaian penetapan jadwal lelang dan permohonan lelang yang sudah seratus persen online sehingga pemohon lelang tidak perlu lagi datang ke kantor. Sedangkan dalam hal Pengelolaan Kekayaan Negara berupa penetapan status penggunaan BMN, surat persetujuan pengelolaan BMN, pemanfaatan, hingga penghapusan BMN ada percepatan pelayanan namun tetap berdasarkan dengan ketentuan yang berlaku.

Selanjutnya Pelelang Ahli Muda KPKNL Palangka Raya Zainul Arifin menjelaskan terkait prosedur dalam mengikuti lelang UMKM. Pendaftaran online UMKM di lelang.go.id dimulai dari pembuatan akun dengan melakukan registrasi. Cara dan daftar dokumen yang harus dilengkapi sudah tertera dan lengkap step by step. Zainul Arifin juga menjelaskan bahwa semua produk UMKM bisa diikutkan dalam lelang UMKM ini. Kementerian Keuangan lewat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara berperan aktif dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui lelang UMKM, yang dimana sangat berpihak kepada pelaku UMKM dalam memasarkan produk-produknya kepada khalayak umum.

Berikutnya Ketua Asosiasi Akumandiri Palangka Raya Yohanes Budiyana memaparkan mengenai efek dari lelang UMKM yang telah dilakukan. Lelang UMKM ini seperti e-marketplace, dimana produk-produk UMKM dapat dilihat oleh banyak orang secara online. Selain itu, lelang UMKM juga dapat meningkatkan ekspansi penjualan dari pelaku UMKM di Palangka Raya.

Pada akhir acara, Kepala KPKNL Palangka Raya menyampaikan bahwa Pembangunan ZI WBBM ini adalah lanjutan dari Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi. ZI WBBM menuntut percepatan dan kemudahan pelayanan dengan integritas tinggi. Namun dengan percepatan dan kemudahan pelayanan tetap bebas dari indikasi korupsi, kolusi dan nepotisme, baik dalam bentuk gratifikasi maupun pungutan liar.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini