Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Pembinaan dan Edukasi Piutang Negara/Daerah pada Stakeholder Pemprov dan K/L Kalimantan Tengah
Diah Ilmi Rizqiana
Kamis, 31 Maret 2022   |   125 kali

Palangka Raya, Kamis 31 Maret 2022 Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah adakan sosialisasi dalam rangka Pembinaan dan Edukasi Piutang Negara/Daerah pada stakeholder Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Kementerian/Lembaga Kalimantan Tengah di Aula KPKNL Palangkaraya. Acara dilaksanakan pukul 08.00 WIB dengan dihadiri oleh Perwakilan dan dari BKAD Provinsi Kalteng dan perwakilan BKAD seluruh Kabupaten di Kalimantan Tengah. Selain itu turut hadir perwakilan dari BPHP Wilayah X, BPKH Wilayah XXI Palangka Raya, Perwakilan Balai Monitor Kominfo Palangka Raya serta perwakilan dari RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya.

Acara dimulai dengan sambutan yang disampaikan oleh Kepala KPKNL Palangka Raya R.B Sigit Budi Prabowo dan Kepala Bidang Piutang Negara Widodo Sunarko Kanwil DJKN Kalselteng. Kepala KPKNL menyampaikan besar harapan agar pengurusan piutang negara di KPKNL Palangkaraya segera tuntas dan untuk para tamu undangan untuk menggunakan kesempat ini untuk mencari jawaban atas kendala pengurusan PN di kantor masing- masing. Kepala Bidang Piutang Negara PN menyampaikan agar para tamu undangan yang masih memiliki tanggunga piutang negara diwilayah kerjanya dapat segera mengajukan ke KPKNL dengan terlebih dahulu melengkapi syarat administrasi pendaftaran Piutang Negara.

Berikutnya penyampaian materi oleh Indra Kasi Piutang Negara I Kanwil DJKN Kalselteng dengan dimoderatori oleh Kimi Plt. Kasi Piutang Negara KPKNL Palangka Raya. Materi dibuka dengan dasar dasar Pengelolaan Piutang Negara mulai dari pengertian piutang negara dan daerah, dasar hukum, alur pengurusan dan pengelolaan piutang negara dan daerah. Dilanjutkan dengn penjelasan terkait panitia  urusan piutang negara (PUPN) mulai dari dasar hukum tugas dan kewenangan PUPN hingga organisasi didalamnya.

Materi dilanjutkan dengan pembahasan terkait proses penghapusan piutang daerah, penghapusan secara bersyarat dan penghapusan secara mutlak juga proses permohonan pertimbangan penghapusan piutang daerah. Kasi PN I menjelaskan kendala kendala yang banyak dialami dalam pengurusan piutang negara/ daerah. Penjelasan ditutup dengan penjabaran salah satu program andalan DJKN 2022, Crash Program.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pertanyaan yang disampaikan oleh satuan kerja dan pengguna layanan piutang negara/ daerah baik dari Pemerintah Provinsi maupun Kementerian/Lembaga Kalimantan Tengah. Tanya jawab berjalan lancar dengan antusiasme yang sangat tinggi dari peserta, baik peserta yang hadir langsung maupun hadir daring melalui zoom. Acara ditutup dengan foto bersama. Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi ini seluruh pengguna jasa dapat memahami pentingnya pengelolaan piutang negara pada masing- masing satuan kerja. Selain itu adanya Crash Program tentu sangat membantu satker untuk mewujudkan win win solution dengan para debiturnya, lunas hari ini, lega sampai nanti.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini